Minimalisir Banjir Rob, Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas akan Dibangun Sheet Pile

ABOUTSEMARANG – Upaya meminimalisir banjir rob di Tambak Lorok Semarang, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan membangun Sheet Pile di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas.

Pembangunan Sheet Pile di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas dilakukan setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pamali-Juana.

“Terkait Sheet Pile yang kemarin itu sudah ditanda tangani oleh pak Menteri PUPR untuk segera berjalan projek itu. Dan sudah diinfo oleh Kepala BBWA hari ini sudah ada pemenang kotraktornya tapi saya ndak tahu siapa pemenang karena itu kan projeknya dihandle oleh PUPR dan nanti mungkin ditambah oleh BBWS,” ujar Plt Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu di kantor Kelurahan Tanjung Mas Semarang, Kamis (8/12).

Perempuan yang kerap disapa Mbak Ita menjelaskan, proses pengerjaan Sheet Pile telah mendapat jaminan dari kontraktor sehingga sudah mulai dikerjaan. Ita menyebut, anggaran yang dikeluarkan oleh Kementrian PUPR sekitar Rp. 300 miliar dengan target pelaksanaan selesai satu tahun.

“Memang pekerjaan ini kan selama satu tahun tapi dari pak Adek (Kepala BBWS Pamali-Juana) menyampaikan bahwa tidak sampai satu tahun karena memang tidak ada permasalahan yang krusial dari dampak sosialnya dan makanya tadi saya bicara sama warga dari Tambaklorok ini untuk mensuport mendukung karena memang masih ada sedikitlah untuk lahan yang terdampak ini untuk manuver alat mobil projeknya,” paparnya.

“Kami menyampaikan kepada masyarakat untuk mendukung kalaupun nanti ada hal-hal yang tidak pas ini segera dikomunikasikan. Dan kita harap ini menjadi salah satu sarana infrasutruktur yang bisa mengurangi dampak dari rob,” lanjutnya.

BACA JUGA :   Wali Kota Semarang Berhentikan 41 Pegawai Dalam Kurun Waktu 10 Tahun, Ini Alasannya

Ita menambahkan, selain mengurangi dampak rob di lingkunan masyarakat, pembangunan Sheet Pile ini juga agar memperlancar kegiatan ekspor-impor di Pelabuhan Tanjung Emas. Menurut Ita, Pelabuhan Tanjung Emas adalah salah satu hal yang penting dalam pemasukan ekonomi di Kota Semarang.

“Pelabuhan yang menjadi urat nadi untuk dalam hal investasi jadi kalau disini sudah banyak kegiatan ekspor-impor perdagangan sehingga kalau tidak ada lagi rob ini kan tidak akan menghamba bdari proses perdagangan yang ada khusunya di kota semarang,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Sheet Pile yang akan dibangun di Tambak Lorok Semarang adalah turap baja yang berfungsi untuk menahan tanah atau tebing yang kekurangan pohon, atau tidak memiliki penahan tanah.

Sheet Pile dibangun menggunakan salah satu jenis beton pracetak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk dinding yang kokoh menyerupai tanggul. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan