Mixue Trending! Warganet Pertanyakan Kehalalan Produk, Ini Respon MUI

ABOUTSEMARANG – Mixue, perusahaan minuman dan es krim asal China masif memperluas bisnisnya di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan harga jual yang relatif murah, warganet pun bertanya-tanya soal kehalalan produk Mixue.

Tak sedikit pula warganet yang meminta bukti sertifikasi halal dari gerai yang menjamur di Indonesia itu. Apalagi ada informasi simpang-siur di media sosial yang menuding bahwa Mixue menggunakan bahan baku yang haram dan tidak memiliki ijin BPOM.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Asrorun Niam Soleh menyatakan produk es krim Mixue sedang dalam proses mendapatkan sertifikasi halal.

“Mixue sedang dalam proses sertifikasi,” kata Asrorun, Rabu (28/12) malam.

Asrorun mengatakan audit produk es krim itu kini sudah selesai dijalankan oleh auditor dari Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Namun, pihaknya masih menunggu sertifikat beberapa bahan es krim tersebut yang masih dalam proses.

“Sedang menunggu sertifikat untuk beberapa bahan yang juga masih dalam proses,” kata dia.

Sebelumnya, piham manajemen Mixue juga telah merespons hal itu, pihak Mixue Indonesia melalui Instagram resminya, @mixueindonesia, membenarkan produk es krim dan teh yang mereka jual belum memiliki sertifikasi halal.

“Saat ini memang benar Mixue belum memiliki sertifikat halal,” tulis manajemen Mixue yang dirilis pada 27 Juli 2022. Unggahan ini ditandai sebagai unggahan pertama di laman Instagramnya.

Mixue menegaskan belum memiliki sertifikat halal tidak sama dengan tidak halal. Mereka mengklaim tidak ada kandungan alkohol, rum atau babi di dalam produknya.

BACA JUGA :   Warga Buang Ribuan Telur di Sawah, Ini Penyebabnya

Mixue mengklaim sudah mengurus sertifikat halal kepada otoritas halal di China sejak 2021 awal, tetapi hingga kini prosesnya belum selesai. Pihak manajemen beralasan lamanya pengurusan halal lantaran 90 persen bahan bakunya diimpor dari China.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MIXUE INDONESIA (@mixueindonesia)

(***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan