Mudik Bawa Motor Naik Kereta Cuma Rp10 Ribu, Begini Caranya

ABOUTSEMARANG – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) kembali menghadirkan program mudik motor gratis (motis) 2023.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Kemenhub, Djarot Tri Wardhono mengatakan program Motis dengan kereta api tahun ini hanya dipatok harga Rp 10.000 hingga Rp20.000 per orang. Sementara, untuk sepeda motornya tidak dikenakan biaya alias gratis dengan kuota sebanyak 10.440 sepeda motor.

“Bayar Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu saja. Harus bawa motor. Satu motor 2 orang ya. Kalo bawa dua orang ya 20 ribu bayarnya,” kta Djarot di gedung Kemenhub, Jakarta Pusat, Kamis (16/3).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, ditahun ini, DJKA akan menggabungkan rangkaian kereta penumpang dengan kereta barang. Dengan begitu, penumpang dan barang bisa mudik bareng dengan satu rangkaian kereta api.

“Jadi 4 kereta api penumpang dirangkaikan dengan 3 kereta api barang yang mengangkut sepada motor. Ini yang membedakan motis sebelumnya dengan motis di tahun ini,” kata Djarot.

Djarot menjelaskan, pendaftaran program Motis ini dilakukan mulai 1 Maret hingga 3 Mei 2023. Program Motis ini dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai 20 April untuk keberangkatan mudik. Sedangkan arus balik motor mulai 25 April hingga 4 Mei 2023.

“Berangkat pada tanggal 11-20 April, kemudian balik tanggal 25-4 Mei,” ujarnya.

Djarot memaparkan, terdapat tiga lintasan yang tersedia dalam program Motis ini, di antaranya Lintas Utara, yaitu Cilegon-Jakarta Gudang-Semarang Tawang dengan kapasitas 848 penumpang dan 174 unit motor.

Lintas Tengah, yaitu Jakarta Gudang-Purwosari (PP) dengan kapasitas 848 penumpang dan 174 unit motor. Terakhir, Lintas Selatan, Kiaracondong-Purwosari (PP) dengan 640 penumpang dan 174 unit motor.

BACA JUGA :   Yuk Ikuti! Kemenhub Kembali Gelar Mudik Gratis 2024, Ini Jadwal Pendaftarannya

“Sehingga, jumlah perhari 522 motor dengan 2.336 penumpang,” ungkapnya.

Djarot mengaku sampai saat ini, sudah ada 2.000 orang yang berpartisipasi dalam program Motis. Sementara ini, tujuan stasiun yang paling banyak diminati adalah Stasiun Kutoarjo di Jawa Tengah dan Jombong.

“Kemudian program angkutan mudik gratis motis yang sudah terdaftar sekitar 1500 motor dan orang sudah ada sekitar 2.000 orang berpartisipasi dalam mudik motor gratis. Kemudian pelaksanaan inspeksi yang akan dilaksanakan di tanggal 27,” tuturnya.

“Sementara ini yang menjadi tujuan favorit adalah Stasiun Kutoarjo dan Jombong yang secara presentasi cukup tinggi dari pendaftar yang ada,” pungkas Djarot.

Adapun persyaratan untuk ikut program Motis Lebaran 2023 yaitu:

  • KTP
  • SIM
  • Kartu Keluarga (KK)
  • STNK
  • besaran motor di bawah 200 CC

Pendaftaran motis 2023 dapat dilakukan melalui website mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjutkan dengan verifikasi di stasiun yang ditunjuk. Pengiriman motor (gratis) difasilitasi 2 tiket kereta api (selama masih ada kuota).

(atn)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan