Mulai 1 Juli, Tarif Baru Naik Kapal Pelni Via Semarang Bakal Diberlakukan

ABOUTSEMARANG – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT Pelni memberlakukan penyesuaian tarif tiket untuk kapal penumpang dan perintis.

Pemberlakuan tarif tersebut juga dilakukan di Semarang dan akan dimulai untuk pembelian tiket pada 1 Juli 2023 mendatang

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Yahya Kuncoro mengatakan penyesuaian tarif tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan RI No. 7 tentang Tarif Penumpang dan Uang Tambang Barang Angkutan Laut Perintis dan PM No. 8 tentang Tarif Batas Atas Angkutan Penumpang Laut Dalam Negeri Kelas Ekonomi.

“Aturan PM 7 dan PM 8 Tahun 2023 ini mengatur penyesuaian tarif dasar per mil. Sementara untuk besaran asuransi dan pass pelabuhan hingga saat ini belum ada perubahan, masih sama,” kata Yahya dalam keterangan Sosialisasi PM 7 dan PM 8 Tahun 2023, Sabtu, 17 Juni 2023.

Dengan adanya penyesuaian tarif berarti baik kapal penumpang atau kapal perintis akan naik harga tiketnya.

Ia menjelaskan harga tiket kapal Perintis tidak ada penyesuaian selama 21 tahun, sedangkan kapal pendam sudah 6 tahun, padahal ada biaya-biaya operasional yang menyesuaikan pasar.

“21 tahun kapal perintis tidak ada penyesuaian. Kapal penumpang 6 tahun lalu,” ujarnya.

Dia mencontohkan penyesuaian tarif untuk rute kapal penumpang Semarang tujuan Karimunjawa, besaran tarif lama sebesar Rp 82 ribu (sebelum penambahan asuransi perjalanan dan pass pelabuhan) disesuaikan menjadi Rp 101 ribu.

Contoh ruas lain yaitu Semarang-Pontianak dari Rp 254 ribu menjadi Rp 313 ribu.

Sedangkan di kapal perintis dicontohkan, untuk tarif rute Sepeken-Pagerungan Besar dari Rp 3.900 disesuaikan menjadi Rp 7.800. Kemudian Surabaya-Kota Baru dari Rp 30.300 menjadi Rp 60.600.

BACA JUGA :   Polda Jateng Tangkap Lima Tersangka Sindikat Penadah dan Penjualan Mobil Ilegal

“Tarif perintis naik sekitar 100 persen. Dari Rp 3.900 paling murah jadi Rp 7.800. Ini masih memenuhi standar daya beli masyarakat. Ini kami sebagai operator mensupport layanan untuk diberikan lebih baik lagi,” jelasnya.

Yahha juga menegaskan tarif baru mulai berlaku untuk pembelian tiket pada 1 Juli 2023. Namun jika membeli tiket sebelum tanggal 1 Juli untuk keberangkatan semisal 2 Juli, maka masih ikut tarif lama.

“Penyesuaian per penjualan 1 Juli. Untuk berangkat Juli beli Juni masih tarif lama,” ujarnya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan