Mulai Pekan Ini, Pemerintah Kota Bandung Cabut Aturan Ganjil-Genap

ABOUTSEMARANG – Pemerintah Kota Bandung mencabut kebijakan ganjil-genap bagi kendaraan mulai akhir pekan ini yang sebelumnya biasa digelar di lima gerbang tol akses masuk Bandung.

Kini warga luar Bandung yang akan datang ke Kota Bandung bisa lebih leluasa dan tak lagi dipusingkan dengan aturan ganjil-genap.

Kabid Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan Bandung, Asep Kuswara, mengatakan, kebijakan ganjil-genap untuk membatasi mobilitas itu ditiadakan karena kasus Covid-19 di Bandung yang mulai melandai.

“Sudah ditutup. Enggak ada lagi ganjil genap,” katanya, Jumat (18/3).

Dengan adanya hal tersebut, masyarakat dari luar kota Bandung bisa bebas masuk ke Kota Bandung melalui lima gerbang tol yaitu GT Pasteur, GT Pasirkoja, GT Kopo, GT Moch Toha dan GT Buahbatu.

“Jadi normal lagi saja,” lanjutnya.

Dicabutnya kebijakan ganjil genap ini berdasarkan hasil rapat yang dilakukan Pemkot Bandung dan instansi terkait. Kebijakan ini diambil Pemkot Bandung sejak Kamis (17/3).

Sebelumnya, aturan ganjil-genap diberlakukan setiap akhir pekan mulai dari pukul 14.00 WIB setiap Jumat di lima gerbang tol, yakni gerbang tol Pasteur, Pasirkoja, Kopo, Muhammad Toha, dan Buahbatu.

Selain mencabut aturan ganjil-genap, Pemkot Bandung juga meniadakan penutupan sejumlah jalan di pusat Bandung. Sebelumnya penutupan jalan dilakukan di Jalan Asia Afrika, Jalan Lengkong Kecil, dan Jalan Dipati Ukur. “Jadi sama, (penutupan jalan) tidak ada,” ungkapnya.

Dengan begitu, kini mobilitas masyarakat untuk beraktivitas di Kota Bandung semakin longgar. Menurut dia, hal itu juga menyesuaikan dengan sejumlah aturan perjalanan yang diperlonggar.

BACA JUGA :   Daftar Lengkap 3 Korban Tewas Kecelakaan Kereta Api Turangga vs KA Lokal Bandung Raya

“Itu kan perjalanan darat, laut dan udara udah nggak harus antigen atau PCR, terus Covid-19 di Bandung sudah melandai,” pungkasnya.

(atn)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan