Museum Ranggawarsita, Rekomendasi Spot Wisata Edukasi di Kota Semarang, Cocok untuk Liburan!

ABOUTSEMARANG – Kota Semarang memang sangat terkenal dengan berbagai spot wisata yang bisa dikunjungi untuk liburan akhir tahun atau akhir semester.

Salah satu wisata legendaris dan bisa untuk belajar anak-anak adalah Museum Ranggawarsita.

Museum Ranggawarsita ini sangat cocok untuk spot wisata edukasi, sebab di sana ada beragam peninggalan yang masih jarang diketahui oleh anak-anak saat ini.

Museum Ranggawarsita memiliki empat gedung pameran yang masing-masing memiliki koleksi berbeda. Gedung A memiliki kumpulan barang-barang warisan dari era batu, termasuk batu dan fosil manusia purba.

Sementara itu, Gedung B menampilkan kumpulan yang berkaitan dengan kedatangan Islam dan zaman penjajahan. Di sana juga ditemukan keramik serta batik, baik yang lokal maupun yang dari Cina serta Eropa.

Pindah ke Gedung C yang dijadikan tempat untuk diorama. Di ruangan ini, pengunjung dapat menyaksikan delapan diorama peristiwa sejarah perjuangan bangsa.

Sedangkan untuk Gedung D, berisikan beragam barang seni seperti kuda lumping, barongan, wayang, dan sebagainya.

Selain itu, museum Ranggawarsita juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti perpustakaan, ruang audio visual serta coin box yang didesain untuk mendengarkan cerita rakyat dari Jawa Tengah.

Biasanya, museum Ranggawarsita buka mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB, kecuali hari Jumat yang hanya buka hingga pukul 11.00 WIB.

Apabila anda ingin kunjungi wisata museum Ranggawarsita bisa hadir saat hari Selasa hingga Minggu, sebab hari Senin tutup.

Selain itu, saat hari libur nasional seperti HUT Kemerdekaan RI dan lain sebagainya, Museum Ranggawarsita akan ada berbagai agenda khusus untuk menampilkan nilai-nilai budaya yang ada.

BACA JUGA :   Seorang Resepsionis Kostel di Semarang Dibacok, Pelaku Ngaku Tersinggung

Saat anda berlibur ke Kota Semarang jangan sampai lewatkan untuk kunjungi museum Ranggawarsita ini.

Demikian informasi mengenai museum ranggawarsita, spot wisata edukasi di Kota Semarang.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan