“Ngunduh Mantu” Kaesang-Erina, Jokowi Sampaikan Ini Untuk Anak Cucunya

ABOUTSEMARANG – Prosesi “ngunduh mantu” putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono resmi digelar hari ini, Minggu, 11 Desember 2022.

Dalam prosesi tersebut diselenggarakan pesta rakyat yang diawali dengan kirab pengantin. Namun sebelum itu, acara “ngunduh mantu” diawali dengan prosesi sungkeman pasangan pengantin kepada orang tua dan beberapa jenis tradisi lainnya.

Dalam acara “ngunduh mantu” tersebut, Presiden Jokowi selaku ayah dari Kaesang Pangarep berpesan kepada seluruh anak dan cucunya untuk hidup rukun dalam persaudaraan.

Adapun pesan tersebut disampaikan Presiden saat acara “ngunduh mantu” di Loji Gandrung Solo.

Jokowi beserta istrinya Iriana memberi pesan kepada para anak dan cucu, masing-masing Gibran Rakabuming bersama istri Selvi Ananda, Bobby Basution bersama istri Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep bersama istri Erina Gudono, serta para cucu, Jan Ethes Srinarendra, Sedah Mirah Nasution, La Lembah Manah, serta Panembahan Al Nahyan Nasution.

la juga berpesan kepada anak cucu untuk selalu menyembah Tuhan Yang Maha Esa agar diberkati dalam hidup berkeluarga.

Sementara itu, khusus kepada putra sulung Gibran Rakabuming, Jokowi berpesan untuk bisa mengayomi dan menjadi contoh adik-adik.

“Demikian juga, adik berbakti dan menghargai saudara yang lebih tua,” katanya dilansir dari ANTARA.

Kemudian Gibran juga turut menyampaikan terima kasih kepada kedua orang tuanya yang telah merawat sejak kecil hingga saat ini.

Seluruh anak, lanjut dia, juga berdoa agar Presiden Joko Widodo beserta ibu selalu diberi kesehatan dan panjang umur.

Seperti diketahui, proses “ngunduh mantu” sendiri diawali dengan sungkeman pasangan pengantin Kaesang-Erina kepada orang tua, “nyebar udik-udik”, tumplak punjen, serta begalan.

BACA JUGA :   Mulai 28 April, Jokowi Larang Ekspor CPO dan Minyak Goreng

Proses diakhiri dengan kirab pengantin dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran tempat dilaksanakan resepsi tasyakuran.

Sebelas kereta kencana yang masing-masing ditumpangi pasangan Kaesang-Erina, orang tua kedua pengantin, serta kerabatnya.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan