Operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung Resmi Diuji Coba

ABOUTSEMARANG – Operasional kereta cepat Jakarta Bandung resmi diuji coba dari Stasiun KCJB Halim, Jakarta pada Rabu, 13 September 2023 kemarin.

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dan turut mengikuti pelaksanaan uji coba tersebut.

Diketahui, Jokowi tiba di Stasiun KCJB Halim sekitar pukul 08.50 WIB.

Kedatangan Jokowi juga turut didampingi oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Selain itu, turut hadir pula Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto, Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Sementara untuk sejumlah pesohor dan influencer yang turut serta dalam uji coba tersebut di antaranya Raffi Ahmad, Tsamara, Gading Martin, Cak Lontong, hingga Yuni Shara.

Presiden Jokowi beserta rombongan melakukan uji coba operasional kereta cepat dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 28 menit dengan kecepatan hingga 351 km/jam.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki KA Feeder Kereta Cepat dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung.

Perjalanan dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung menempuh waktu perjalanan selama 20 menit.

Dengan demikian, dari Jakarta menuju pusat kota Bandung menempuh waktu sekitar 50 menit.

“Soft launching” pengoperasian kereta cepat ditargetkan dimulai pada 1 Oktober 2023. Pengoperasian akan dilakukan secara bertahap mulai dari 8 perjalanan kereta di bulan Oktober.

Lalu, pada November bertambah menjadi 28 perjalanan kereta, pada Desember terdapat 40 perjalanan kereta, dan Januari 2024 mencapai 68 perjalanan kereta.***

Sharing:

BACA JUGA :   Penyediaan GeNose Test di Stasiun Bertahap

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan