Pandemi Covid-19 Berakhir, Bandara Ngloram Kembali Beroperasi

ABOUTSEMARANG – Bandara Ngloram, di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah akhirnya kembali beroperasi dan melayani penerbangan sejak Jumat (27/1) lalu, setelah sebelumnya sempat berhenti karena revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma dan akibat pandemi Covid-19.

Kedatangan penumpang rute Halim Perdanakusuma – Ngloram itu disambut langsung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Bersama Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati. Turut di dalam penerbangan, Bupati Blora Arief Rohman dan Direktur Utama Citilink, Dewa Kadek Rai.

Gubenur Ganjar Pranowo apresiasi Bupati Blora yang telah mengupayakan agar Bandara Ngloram kembali beroperasi. Meski baru satu maskapai yang membuka rute, dia optimistis ke depan animonya akan meningkat.

“Nah ini PPKM dicabut sama pak presiden maka banyak event yang mesti dibuat agar penerbangan bisa rutin dari dua kali seminggu, harapannya bisa tiap hari,” kata Ganjar Pranowo.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memaparkan, bandara Ngloram didesain puluhan tahun dengan harapan mendukung akses Blok Cepu dan memberikan alternatif akses yang lebih cepat, selain moda transportasi existing.

“Nah sekarang kita tingkatkan lagi upayanya dengan memulai kembali penerbangan, alhamdulillah hari ini Jumat barokah bisa terbang lagi,” ujarnya.

Menurutnya, butuh kerjasama dari seluruh daerah yang ada di kawasan Bandara Ngloram. Sehingga, nantinya akan terlaksana acara yang melibatkan massa, tak hanya dari Blora saja.

“Agar satu kawasan ini bisa membuat event, sehingga bisa membangun ekosistem yang ada di sini. Usulan saya tadi pariwisata, olahraga, bahkan tadi udah disiapkan mau bikin Ultra Marathon di sini. Jadi kalau kemudian nanti banyak event di sini maka penerbangannya bisa berjalan sehingga tidak bicara Blora saja namun bagaimana menghidupkan kawasan sekitar Blora,” papar Ganjar.

BACA JUGA :   Catat! Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan dan BBNKB di Jateng

Sementara itu, Bupati Blora Arief Rohman mengaku senang karena akhirnya Bandara Ngloram bisa kembali beroperasi. Guna menjaga keterisian penumpang, Pemkab Blora akan menggandeng pemkab yang ada di sekitar Kabupaten Blora.

“Ini menciptakan market yang bagus dulu, dan kami juga mengupayakan agar berbagai pihak ini bisa memanfaatkan bandara. Kami akan menggandeng pemkab-pemkab di sekitar. Hadir di sini perwakilan Bojonegoro, Tuban, ada Rembang kemudian dari Pati, Grobogan, nanti bisa mengisi keterisian bandara,” papar Bupati Blora.

Bupati yang akrab disapa mas Arief juga meminta agar nantinya dari kementerian juga bisa mendukung penerbangan ini dengan mengadakan rakor di Blora.

Senada dengan Bupati Arief, Dirut Citilink Dewa Kadek Rai juga berucap syukur.

“Alhamdulillah hari ini kami terbang kembali ke Blora, beberapa bulan kami senpat libur namun hari ini adalah hari yang sangat berbahagia,” ungkapnya.

Dewa mengatakan, dibukanya rute Jakarta-Blora ini tidak lepas dari dukungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Blora Arief Rohman dan juga DPR RI.

“Berkat dukungan Bapak Gubernur, Pak Bupati, dari DPR dan semua stakeholder sehingga operasi pesawat ke Blora ini berjalan dengan baik,” katanya.

Sebagai informasi, Bandara Ngloram diresmikan Presiden Joko Widodo pada 17 Desember 2021. Bandara ini milik PT Pertamina (Persero) sejak 1984, yang selanjutnya dikembangkan oleh Kementerian Perhubungan dengan anggaran mencapai Rp 132 miliar. Anggaran ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pengembangan Bandara Ngloram berlangsung sejak 2018 hingga 2021.

Bandara ini mempunyai landas pacu sepanjang 1.500×30 meter. Dengan panjang landasan pacu tersebut, bandara ini bisa menampung pendaratan pesawat ATR 72. Berdiri di atas lahan seluas 28 hektar di Desa Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.

BACA JUGA :   Ganjar Borong Dagangan Kaki Lima, Pedagang Sampaikan Keluh Kesah

Bandara ini juga memiliki taxiway sepanjang 142×23 meter dan apron dengan panjang 90×60 meter. Terminal unruk penumpang memiliki luas 3.600 meter persegi yang memuat kapasitas hingga 210 ribu penumpang per tahun. Sejak akhir November 2021 satu-satunya pesawat yakni Citilink membuka penerbangan secara resmi ke Bandara Ngloram. Jadwal penerbangan hanya pada Senin dan Jumat setiap pekan. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan