Panji Gumilang Jadi Tersangka Kasus Penistaan Agama, NU Akui Siap Tampung Santri Al-Zaytun

ABOUTSEMARANG – Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan penistaan agama.

Dengan ditetapkannya Panji Gumilang sebagai tersangka, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) diketahui siap menampung para santri Al Zaytun di lembaga pendidikannya.

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf mengatakan, upaya polisi untuk menyelesaikan kegaduhan yang dilakukan oleh Panji Gumilang sudah tepat.

Masalah ini memang harus diselesaikan secara hukum agar tidak berdampak buruk ke depannya.

“Ikuti saja proses hukumnya, dari awal saya sudah menyatakan juga bahwa masalah ini harus diselesaikan menurut hukum,” ujar Gus Yahya sapaan akrab Yahya Cholil, Rabu, 2 Agustus 2023

“Karena ini masalah yang secara substansial rawan dan mempengaruhi psikologi masyarakat luas, di sisi lain tidak mudah untuk membuat krangka hukum untuk menyelesailan masalah ini,” sambungnya.

Gus Yahya juga mengatakan, apapun nanti putusannya, NU mendukung penuh proses hukum. Jika negara menutup Ponpes Al Zaytun, NU pun siap menampung para santri Panji Gumilang agar tidak terlantar.

“Nanti dibicarakan oleh yang berwenang, yang penting sekarang hukumnya dulu. Saya kira juga udah ada antisipasi dari pemerintah atau yang lainnya,” jelas Gus Yahya.

“Kami siap jika harus menampung siswanya, NU ini banyak lembaga pendidikannya. Jadi nggak masalah ya, jangan terlau khawatir apapun hasil dari proses hukum,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Panji Gumilang dilaporkan oleh Forum Advokat Pembela Pancasila (FAPP) atas dugaan penistaan agama.

Laporan DPP FAPP itu teregistrasi dengan nomor LP/B/163/VI/2023/SPKT/BARESKRIM POLRI.

Tak hanya itu, Pendiri NII Crisis Center Ken Setiawan juga melaporkan Panji Gumilang atas dugaan penistaan agama, kegaduhan, dan penyalahgunaan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

BACA JUGA :   Ponpes Al-Zaytun Dianggap Sebarkan Ajaran Islam Menyimpang, Mahfud MD: Akan Dievaluasi

Adapun laporan itu masuk kepada polisi pada akhir Juni 2023 dan Panji Gumilang baru resmi ditetapkan sebagai tersangka kemarin Selasa, 1 Agustus 2023.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan