Pasang CCTV untuk Cegah Pungli, Hendi Ingatkan Agar Tidak Lagi Macam-macam

Aboutsemarang.Id,- Maraknya kasus pungli yang terjadi beberapa waktu lalu di Kelurahan Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan, membuat Pemerintah Kota Semarang bertindak tegas dengan cara memasang CCTV di beberapa tempat pelayanan publik.

Adanya CCTV ini mampu terintergrasi langsung dengan masyarakat dan bisa diakses melalui laman Tilik Semar (Monitoring Terintegrasi Beranalitik Kota Semarang) melalui situs website analyticscctv.semarangkota.go.id.

“Transparansi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat menjadi kunci. Saya sering menyampaikan bahwa kerja ASN saat ini ibarat tinggal dalam sebuah aquarium kaca, di mana seluruh masyarakat bisa memonitor dan memantau secara langsung,” ujar Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi atau kerap disapa Hendi.

Pada laman Tilik Semar juga menghadirkan beberapa fitur seperti loket pelayanan di Kecamatan dan Kelurahan melalui CCTV yang terpasang di tempat tersebut. Masyarakat juga dapat memilih menu pelayanan publik.

“Dalam menu tersebut, mengintegrasikan seluruh CCTV yang ada di loket pelayanan publik, terutama Kecamatan dan beberapa Kelurahan di Kota Semarang. Kami terus berproses. Kelurahan yang sudah terpasang

CCTV dan tersambung internet, kami integrasi dengan di monitor pusat,” terang Hendi.

Menurut Hendi, hadirnya CCTV di pusat layanan instansi pemerintah menjadi sebuah komitmen dan keseriusan Pemkot Semarang dalam mengawasi apabila terjadi kasus pungli di Kelurahan maupun Kecamatan Kota Semarang.

“Adanya CCTV ini sekaligus juga menjadi peringatan bagi teman-teman untuk tidak macam-macam. Pasalnya, masyarakat bisa melihat langsung gerak-gerik kawan-kawan khususnya saat memberikan pelayanan kepada masyarakat,” imbuh Hendi.

Bukan hanya itu, pemasangan CCTV ini juga berada di tiga pasar tradisional yang dapat terintergrasi dan diakses juga oleh warga Semarang lewat laman serupa. Tiga pasar tradisional tersebut adalah Pasar Jatingaleh, Pasar Karangayu dan Pasar Pedurungan.

Terkait kebijakan pemasangan CCTV ini, Hendi berharap nantinya di seluruh RT wilayah Semarang akan dipasang CCTV sehingga bisa terpantau oleh masyarakat.

“Ditargetkan pekan depan 1.100 CCTV di lingkungan RT di Kota Semarang akan terintegrasi di Tilik Semar dan bisa diakses oleh masyarakat,” pungkas Hendi.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan