Pemerintah Mulai Distribusikan Bantuan Beras CPP di Semarang, Catat Tanggalnya!

ABOUTSEMARANG – Pemerintah pusat mulai menyalurkan bantuan beras cadangan pangan pemerintah (CPP) melalui Bulog bagi warga Kota Semarang. Pendistribusian beras CPP sudah dimulai pada Kamis (14/9).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Kota Semarang, Bambang Pramusinto bantuan beras CPP tersebut merupakan bantuan tahap kedua yakni sebanyak 52.393 keluarga penerima manfaat (KPM). Sementara pada tahap pertama disalurkan kepada 58.660 KPM.

“Harga beras saat ini sedang melonjak naik, harapannya dengan adanya bantuan beras ini maka masyarakat kurang mampu masih bisa mengonsumsi beras. Saat ini negara pengekspor beras sedang menahan beras karena menahan inflasi,” kata Bambang, Kamis (14/9).

Setiap KPM mendapatkan bantuan beras sebanyak 10 kilogram selama tiga bulan.

Dengan adanya bantuan tersebut, Bambang berharap bisa menekan harga beras yang melonjak di pasaran. Ia mengatakan saat ini harga beras medium di pasaran sudah mencapai harga lebih dari Rp 13.000, padahal harga acuannya masih Rp 10.900.

“Itu memberatkan masyarakat kurang mampu,” tuturnya.

Bantuan Beras CPP ini dilakukan secata bergantian. Mekanismenya, Bulog akan mengirim ke masing-masing kelurahan, kemudian disalurkan ke masyarakat sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Selain beras, bantuan pangan juga berupa unggas dan telur. Namun, hingga saat ini belum ada petunjuk dari Bapanas kepada ID Food.

“Unggas sama telur belum ada petunjuk. Yang unggas sama telur untuk stunting. Beras untuk yang masuk DTKS atau warga miskin,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyebutkan ada 21 juta penerima bantuan beras se-Indonesia.

BACA JUGA :   Jokowi Habiskan Akhir Pekan dengan Cucu di Semarang

“Tiap keluarga 10 kilogram. Itu dari pusat,” bebernya.

Berikut Jadwal Dropping dan Penyaluran Bantuan Beras CPP di Semarang

1. Candisari, Tugu, Ngaliyan, Semarang Barat Dropping 14 September 2023 dan salur 15 September 2023

2. Gunungpati dan Mijen Dropping 15 September 2023 dan salur 16 September 2023

3. Banyumanik, Gajahmungkur, Gayamsari, Semarang Timur, Semarang Utara dropping 18 September 2023 dan salur 19 September 2023.

4. Genuk. Semarang Tengah, Semarang Selatan dropping 19 September 2023 dan salur 20 September 2023.

5. Pedurungan dan Tembalang dropping 20 September 2023 dan salur 21 September 2023.

(***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan