Pemkot Semarang Akan Bangun Ulang Taman Hiburan Wonderia

ABOUTSEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berencana membangun kembali bekas taman hiburan Wonderia terletak di Jalan Sriwijaya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin mengatakan, bekas taman hiburan Wonderia akan dilakukan pembangunan kembali. Sementara untuk konsep pembangunan akan dirancang oleh Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang.

Iswar menyampaikan, beberapa seniman di Kota Semarang juga memberikan saran pembangunan untuk bekas taman hiburan Wonderia.

“Para seniman hingga budayawan menyarankan Wonderia dibangun menjadi ruang publik dan diisi dengan masjid, gereja hingga sarana umum lainnya,” kata Iswar, Kamis (3/11).

Selain itu, Iswar menyampaikan juga ada konsep lain yang bisa diterapkan di Wonderia. Misalkan, tempat parkir bus pariwisata. Pasalnya selama ini Kota Semarang masih belum memiliki lahan parkir untuk wisatawan yang memadai.

“Karena problem di Kota Semarang adalah ketersediaan lahan parkir untuk menampung bus wisata,” bebernya.

Iswar mengatakan, kedua konsep tersebut akan dibahas kembali dengan beberapa pihak. Konsep akan ditawarkan ke pihak ketiga untuk melakukan pembangunan bekas taman hiburan Wonderia. Namun, lanjut Iswar, saat ini memang belum ada pihak ketiga yang berminat. Pasalnya ditengah bekas Wonderia ini terdapat makam.

“Ke depan akan kami koordinasikan lebih mendalam terkait pembangunan bekas taman hiburan tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Sih Rianung mengatakan, bekas taman hiburan diharapkan bisa dibangun karena memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal ini sejalan pada tahun 2023 di Taman Singosari akan dibangun menjadi Simpang Lima kedua dan sentra kuliner alam ditempatkan di kawasan Jalan Singosari.

BACA JUGA :   Vaksinasi Booster Polda Jateng Disambut Antusias Warga, Wali Kota Semarang Apresiasi Jemput Bola

Rianung mengatakan, DPU akan membangun jalan lingkar di Taman Singosari termasuk membuat jalan dengan menutup saluran air di depan bekas taman Hiburan Wonderia. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan