Pemkot Semarang Siagakan Call Center 112 Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

ABOUTSEMARANG – Selama arus mudik dan balik Lebaran 1444 Hijriah/2023, Pemkot Semarang menyiagakan layanan nomor darurat Call Center 112 selama 24 jam nonstop.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengakomodasi berbagai kejadian darurat di Kota Semarang.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu memastikan sejumlah layanan publik tetap aktif selama libur Lebaran pada 9 hingga 25 April 2023, terutama Call Center 112.

“Utamanya Call Center 112 sebagai punggawanya layanan darurat di Kota Semarang yang telah terintegrasi dengan perangkat daerah terkait seperti Kepolisian, Dinas Kebakaran, Dinas Kesehatan, BPBD, Disperkim, PDAM, dan lain sebagainya,” kata Ita, sapaan akrab Hevearita di Semarang, Selasa, 18 April 2023.

Menurut dia, layanan Call Center 112 bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Kota Semarang dan para pemudik yang singgah ke Kota Atlas jika mengalami kejadian darurat.

“Layanan Call Center 112 ini seperti 911 di Amerika. Hanya perlu mengingat satu nomor untuk segala kegawatdaruratan, seperti kecelakaan, kebakaran, bencana, penyelamatan, kamtibmas, dan sebagainya,” ujarnya.

Ita mempersilakan masyarakat maupun para pemudik yang kebetulan singgah atau datang ke Semarang untuk memanfaatkan layanan Call Center 112 jika membutuhkan bantuan kegawatdaruratan.

“Sedulur warga Kota Semarang dapat memanfaatkan nomor darurat ini secara bijak untuk menjadikan kota Semarang tetap kondusif,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Semarang Soenarto menyebutkan bahwa petugas layanan Call Center 112 akan berjaga selama 24 jam non stop selama libur Lebaran yang terbagi ke dalam empat shift.

BACA JUGA :   Diduga Sakit Gigi, Seekor Gajah Sumatera Betina di Semarang Zoo Mati

Ia menjelaskan Call Center 112 memiliki komposisi sebanyak 10 operator dan 20 komunitas relawan yang terdiri atas Bantuan Komunikasi (Bankom) Polrestabes, Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Sriti Semarang, MIK Semar Sigap, Pramuka, dan PMI.

“Salah satu keunggulan Call Center 112 di Kota Semarang adalah kami berkolaborasi dengan sejumlah komunitas relawan sehingga penanganan dapat dilakukan dengan cepat,” ujarnya.

Ia menambahkan layanan Call Center 112 gratis biaya panggilan, mudah dan cepat, dengan petugas dan tim yang akan siap berkoordinasi dengan instansi serta perangkat daerah terkait guna mengakomodasi laporan-laporan dari masyarakat.

Dari data yang dihimpun Call Center 112, jumlah panggilan selama Ramadhan sebanyak 868 laporan.

Lima kategori laporan tertinggi di antaranya permohonan layanan ambulans transportasi, pemeriksaan, kecelakaan dengan rata-rata 4-6 kasus per hari, layanan ambulance “homecare”, serta evakuasi hewan liar.

Selain Call Center 112, pemudik di Kota Semarang juga dapat memanfaatkan portal mudik di https://infomudik.semarangkota.go.id/ yang di dalamnya terdapat sejumlah layanan informasi.

Seperti, kanal pengaduan Sapa mbak Ita, layanan informasi PPID, jalur mudik, pantauan CCTV, posko komando, info mudik gratis, pemesanan tiket, info wisata, info hotel dan restoran, info tempat nongkrong, serta hiburan.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan