Pemprov Jateng Buka Pusat Layanan Cegah Terorisme, Apa Fungsinya?

ABOUTSEMARANG – Pusat layanan untuk mencegah berbagai praktik terorisme dan menangkal penyebaran paham radikal di masyarakat dibuka di Provinsi Jawa Tengah.

Adapun hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno usai peresmian Pusat Pelayanan Cegah Terorisme di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jateng, Semarang pada Senin, 31 Oktober 2022.

“Namanya pusat pelayanan, jadi semua masyarakat bisa terlibat memberikan informasi dan aduan, juga sosialisasi kepada masyarakat. Ini sebagai sarana kita bersama ikut berperan mencegah radikalisme,” katanya.

Menurut dia, penyebaran paham radikal dan terorisme masih menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia, termasuk Pemprov Jateng.

Ia mengungkapkan, keberadaan Pusat Pelayanan Cegah Terorisme yang diinisiasi Kesbangpol Jateng ini diharapkan dapat mendeteksi dini bahaya laten radikalisme dan terorisme. Selain itu, sekaligus sebagai upaya pemerintah bersama berbagai pihak untuk mengetahui dan mengatasi percikan-percikan paham radikal.

Sekda menyebut terorisme dan radikalisme seperti percikan-percikan api yang harus segera dipadamkan karena jika dibiarkan membesar, maka akan membakar.

Oleh karena itu, pemerintah dan semua unsur masyarakat harus waspada terhadap terorisme dan paham radikal.

Keberagaman yang ada di Indonesia, termasuk suku, agama, ras, bahasa, dan sebagainya, lanjut Sekda, bukan sebagai pemecah persatuan dan kesatuan bangsa, namun menjadi kekuatan besar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ini yang perlu diajarkan lagi untuk mengingatkan teman-teman semua dan masyarakat Jateng, tentang satu kesatuan kebhinnekaan adalah keniscayaan. Kita memang bhinneka, dan itu menjadi kekuatan besar kita,” ujarnya.***

Sharing:

BACA JUGA :   Ganjar Pranowo Minta Masyarakat Untuk Dukung Proyek Betonisasi Jalan Palir-Kaliancar Semarang

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan