Pendaftaran Mudik Lebaran Gratis Tahap II Dibuka Hari Ini, Simak Syarat dan Ketentuannya

ABOUTSEMARANG – Pendaftaran mudik Lebaran gratis tahap II akan dimulai pada hari ini, Senin, 18 April 2022.

Pada tahap ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyediakan kuota untuk 10.808 pemudik.

Adapun Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Fitra Setiawan mengatakan, pada tahap pertama, kuota sekitar 10 ribu orang sudah terisi penuh, sehingga tahap kedua akan dimulai pada hari ini.

“Untuk yang tahap pertama ini kuota 10 ribu sudah terpenuhi semua. Akan ada tahap 2 yang dimulai Senin besok dengan jumlah kuota 10.080,” ujar Fitra, Minggu, 17 April 2022.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan mudik gratis tahap satu dengan anggaran Rp10 miliar melibatkan 530 bus telah ditutup.

“Besok hari Senin saya akan buka lagi yang tahap kedua dengan jumlah anggaran yang sama,” kata Budi.

Diketahui, program tersebut dapat membantu mobilisasi 21 ribu penumpang termasuk sepeda motornya yang diperkirakan 1.100 unit dari Jabodetabek ke Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Sementara untuk pemudik akan menggunakan bus, sedangkan motornya akan diangkut menggunakan truk.

Bagi masyarakat yang ingin ikut serta dalam program mudik gratis tahun ini dapat mendaftarkan diri melalui https://mudikgratishubdat.dephub.go.id/ dengan klik tombol ‘Daftar Mudik’. Kemudian, akan muncul beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh peserta.

Lebih lanjut, beberapa syarat yang dimaksud, seperti sudah vaksin lengkap dosis 1, 2 dan booster. Jika belum, diharapkan untuk membawa tes hasil swab antigen yang berlaku maksimal 1×24 jam.

BACA JUGA :   Vaksin Booster Segera Jadi Syarat Mudik Lebaran, Ini Kata Pemerintah

Sedangkan, peserta yang baru vaksin dosis pertama masih harus membawa hasil swab PCR yang berlaku 3×24 jam pada saat keberangkatan.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan