Pendaftaran Pemantau Pemilu 2024 Mulai Dibuka Hari Ini, Simak Ketentuannya

ABOUTSEMARANG – Pendaftaran Pemantau Pemilu untuk mengawal Pemilu Serentak Tahun 2024 di wilayah Kota Semarang telah dibuka pada hari ini, Jumat, 10 Juni 2022.

Adapun Bawaslu Kota Semarang membuka pendaftaran bagi masyarakat Indonesia yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri sebagai Pemantau Pemilu.

Diketahui untuk proses pelaksanaan tahapan pemilu sendiri akan dimulai pada 14 Juni 2022 mendatang.

Sementara untuk keberadaan Pemantau Pemilu sendiri telah diatur pada UU No. 7 Tahun 2017 BAB 16 pasal 435-447.

Dalam UU tersebut dijelaskan lebih rinci terkait Pemantau Pemilu di mana tugas yang akan dilakukan di antaranya yaitu ikut mengawasi pemilu dan memberikan informasi dugaan pelanggaran secara berjenjang.

Terkait pendaftaran Pemantau Pemilu, Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin mengatakan, peran serta lapisan masyarakat menjadi pemantau pemilu sangat dibutuhkan sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi Pemilu.

“Pemantau pemilu nantinya  ikut mengawasi semua proses tahapan dan memberikan informasi terkait dugaan pelanggaran kepada pengawas,” kata Amin.

Selain itu Amin juga menjelaskan bahwa Bawaslu Kota Semarang akan membuka meja bantuan untuk memberikan informasi bagaimana tata cara untuk menjadi pemantau pemilu. Harapanya kedepan semua lapisan masyarakat yang ingin mendaftarkan diri dapat terlayani dengan baik.

“Dengan adanya keberadaan Pemantau Pemilu  nantinya dapat membantu Bawaslu untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang berintegritas,” imbuh Amin.***

Sharing:

BACA JUGA :   KPU Umumkan 18 Partai Politik Lolos Verifikasi Administrasi, Ini Daftarnya Termasuk Partai Baru

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan