Perantau Datangi Kota Besar, Menaker Siapkan Program Ini Demi Atasi Pengangguran

Aboutsemarang.Id,- Fenomena masyarakat mengadu nasib dengan mendatangi kota Besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, maupun Medan sering kali muncul pasca libur lebaran. Hal ini dilakukan lantaran mereka berpikir akan mendapatkan pekerjaan lebih mudah jika merantau di kota besar.

Menyikapi hal ini, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan bahwa kota-kota besar masih menjadi magnet bagi para pencari kerja. Kendati demikian, kebanyakan dari mereka yang datang dari Desa ke Kota tidak memiliki keterampilan kerja yang memadai. Hal ini justu akan memicu masalah baru di kota besar.

“Kita ketahui bersama bahwa tiap tahun fenomena urbanisasi terjadi. Dan kita tidak ingin urbanisasi menimbulkan masalah baru karena ketiadaannya keterampilan pekerja  yang dibutuhkan pasar kerja,” kata Menaker Ida di Jakarta, pada Minggu 23 Mei 2021.

Ida Fauziyah juga telah mengingatkan kepada pemerintah pusat maupun daerah untuk tidak mengizinkan adanya urbanisasi yang terjadi setiap tahunnya. Pasalnya hal ini justru akan berdampak pada meningkatnya angka pengangguran di kota besar. Maka dari itu,

Ida menghimbau bagi warga yang ingin mencari kehidupan baru ke kota dituntut memiliki keterampilan kerja yang memadai agar cepat terserap pasar kerja.

Untuk mengatasi fenomena urbanisasi ini, Ida Fauziyah juga telah menyiapkan strategi khusus yakni mengadakan program peningkatan kompetensi agar masyarakat memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Melalui pelatihan vokasi di Balai Latihan Kerja (BLK), pelatihan peningkatan produktivitas, sertifikasi kompetensi, dan bursa kerja online (job fair) diharapkan sebagai solusi untuk menekan arus urbanisasi.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan