Percepat Pemulihan Korban Gempa Cianjur, PMI Bangun Camp Center

ABOUTSEMARANG – Palang Merah Indonesia (PMI) membangun pusat pelayanan induk (camp center) operasi kemanusiaan gempa Cianjur dalam upaya percepatan pemulihan korban atau penyintas di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Camp Center PMI ini didirikan di Jalan Pangeran Hidayatullah (Joglo) Kabupaten Cianjur yang merupakan pusat pelayanan para relawan PMI yang bertugas dalam operasi kemanusiaan gempa bumi,” kata Koordinator Lapangan (Korlap) Tanggap Darurat Bencana PMI Fajar Achyana pada Sabtu, (10/12).

Menurut Fajar, camp center ini juga dilengkapi dengan gudang utama logistik, pusat data dan Informasi (pusdatin), dapur umum, MCK atau toilet, musola, serta tempat disiagakan kendaraan operasional pendukung dalam operasi.

Pembangunan camp center ini melibatkan tim elit PMI di bawah pendampingan Biro Sarana Prasarana (sarpras) PMI Pusat dengan mendirikan satu tenda lunardin untuk pusdatin, satu tenda wiikhall untuk gudang non-makanan, lima tenda oval lorong untuk gudang makanan dan akomodasi.

Di lokasi yang sama pun, PMI menyiagakan 16 armada tangki air bersih yang setiap harinya terus beroperasi menyalurkan air bersih, dua kendaraan operasional 4×4 dan ambulans. Campa ini akan dijadikan pusat pelayanan PMI sampai selesai hingga enam bulan ke depan.

“Camp layanan ini menjadi pusat komando operasi relawan PMI, sebelum di tempatkan ke lokasi pelayanan atau pos penugasan yang tersebar di Cianjur, seluruh relawan akan didata dan diregistrasi ulang di sini,” tambahnya.

Fajar mengatakan selama pelayanan pada massa pemulihan ini PMI menerjunkan ratusan personelnya yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka ditugaskan selama enam bulan di Cianjur untuk melakukan berbagai pelayanan. (***)

Sharing:

BACA JUGA :   Mal Pelayanan Publik Pemkot Semarang Sudah Layani 559 Orang, Dinilai Permudah Urus Perizinan

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan