Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 Akan Digelar di Istana Merdeka, Simak Rangkaian Acaranya

ABOUTSEMARANG – Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 akan dilaksanakan di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Dalam pelaksanaan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia sendiri akan menghadirkan berbagai rangkaian acara menarik.

Salah satunya yaitu pertunjukkan kesenian dan atraksi flypass pesawat tempur yang nantinya akan memeriahkan acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Adapun rangkaian acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan diawali oleh penampilan aubade Gita Bahana Nusantara yang menyanyikan sejumlah lagu.

Kemudian pada pukul 08.05 WIB, ada kirab bendera pusaka dan teks proklamasi dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Merdeka.

Sementara pada pukul 09.03 WIB aka nada pertunjukkan kesenian berupa tarian-tarian daerah.

Selanjutnya pada pukul 09.40 WIB, Upacara Detik-Detik Proklamasi akan dimulai dengan ditandai masuknya pasukan dan komandan upacara ke lapangan upacara yang berada di halaman Istana Merdeka.

Adapun Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara sendiri dijadwalkan tiba di lokasi upacara pada pukul 09.57 WIB.

Setelah itu, upacara pun berjalan dengan sejumlah kegiatan, yakni pembacaan teks proklamasi, mengheningkan cipta, dan pembacaan doa.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan prosesi pengibaran bendera Sang Merah Putih yang akan dilakukan tepat pada pukul 10.17 WIB.

Setelah pengibaran bendera rampung, upacara pun berakhir pada pukul 10.41 WIB. Namun, rangkaian acara belum berakhir.

Acara kembali dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu oleh aubade Gita Bahana Nusantara.

Selanjutnya, akan ada atraksi flypass pesawat tempur, pesawat akrobatik, serta pengibaran bendera raksasa di langit Jakarta.

BACA JUGA :   Ini Profil Lilly Indiani, Anggota Paskibraka Pembawa Baki Bendera Merah Putih Dalam Upacara HUT RI ke-78

Seusai atraksi flypass, acara kembali dilanjutkan dengan pertunjukan seni. Rangkaian acara akan selesai pada pukul 11.37 WIB.

Pada sore nanti, rangkaian peringatan kemerdekaan Republik Indonesia akan dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera yang dimulai pada pukul 16.37 WIB.

Sebelum upacara dimulai, akan ada pertunjukan kesenian seperti pada upacara pagi hari. Upacara penurunan bendera dijadwalkan berakhir pada pukul 17.36 WIB.

Setelah itu, bendera pusaka dan teks proklamasi akan kembali dibawa ke Monas melalui acara kirab.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan