Peringati HPN 2023, Polrestabes Semarang Gelar Temu Media dan Pelatihan Pengelolaan Konten Medsos

ABOUTSEMARANG – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023, Polrestabes Semarang bersama Forum Wartawan Pemprov & DPRD Jawa Tengah (FWPJT) menggelar Temu Media di aula Mapolrestabes Semarang, Kamis (9/2).

Selain temu media, puluhan jurnalis yang meliput kriminal dan hukum yang tergabung dalam Peliput Hebat Semarang (Libas) juga diberikan pelatihan pengelolaan konten media sosial.

Acara yang berlangsung di Aula Mapolrestabes Semarang itu diikuti sedikitnya 48 personel humas perwakilan dari 16 Polsek jajaran Polrestabes Semarang. Diskusi ini dibuka langsung oleh Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar dan Ketua Forum Wartawan Pemprov & DPRD Jawa Tengah, Damar Sinuko.

“Kegiatan sengaja kami adakan bersamaan dengan resepsi Hari Pers Nasional sebagai bentuk apresiasi rekan-rekan, terutama peliput kriminal dan hukum, atas sinergi yang selama ini terjalin baik dengan jajaran kepolisan di Kota Semarang,” ujar Koordinator Peliput Hebat Semarang (Libas), Agus Hermanto.

Ditambahkannya, melalui temu media diharapkan hubungan wartawan dengan para personil humas di Polsek-polsek dan satuan kerja (satker) di jajaran Polrestabes Semarang makin akrab dan bisa saling berkontribusi dalam penyebaran informasi dari kepolisian untuk masyarakat.

“Sedangkan pelatihan pengelolaan medsos, tak lain merupakan wujud sumbangsih kami, agar teman-teman humas memiliki tambahan kompetensi di bidang jurnalistik dan penyiaran, juga agar konten yang ditampilkan dalam postingan di beragam platform medsos resmi masing-masing polsek dan satuan makin menarik. Apa yang menjadi pesannya mengena, mudah dipahami publik terutama netizen,” tambah Agus.

Sebagai instruktur dalam pelatihan masing-masing, Kepala Biro Kota Harian Suara Merdeka Fahmi Zulkarnain untuk materi Konten Medsos Berbasis Teks, Rachman Pratama Jurnalis Berita Satu TV untuk materi Konten Berbasis Video, serta Fotografer senior Kedaulatan Rakyat Candra Adi Nugroho untuk materi Konten Berbasis Foto.

BACA JUGA :   2 Pelaku Pengeroyokan di Semarang Berhasil Diamankan, 2 Lainnya Masih Buron

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar menyambut baik digelarnya pelatihan dan berharap hubungan kemitraan dengan kalangan media dalam pemberitaan yang selama ini sudah berjalan baik bisa terus ditingkatkan.

Diakuinya, selama dua tahun lebih bertugas di ibukota Provinsi Jawa Tengah, tak jarang para peliput melalui pemberitaan di medianya masing-masing memberi kritik terhadap kinerja kepolisian dan hal itu selalu disikapi dengan positif dan justru menjadi pemicu untuk berbenah.

Irwan juga menekankan Polrestabes telah menghadirkan layanan kepolisian berbasis digital, dengan maksud memberi kemudahan dan kecepatan bagi warga Kota Semarang bila membutuhkan layanan Polrestabes Semarang yakni aplikasi Libas.

Sebaliknya, melalui aplikasi ini, personil Polrestabes Semarang bisa dengan segera mengetahui, meraih dan selanjutnya memberikan layanan sesuai tupoksi Polri.

Aplikasi Libas sejauh ini telah di download oleh ratusan ribu warga Kota Semarang yang secara otomatis bisa ikut berperan aktif dalam menjaga harkamtibmas di Kota Semarang.

“Tak lupa saya ucapkan terima kasih juga untuk rekan-rekan media yang selama ini ikut menyebarluaskan informasi terkait layanan kepolisian berbasis digital, aplikasi Libas Polrestabes Semarang,” tambah perwira menengah Polri yang pernah menjabat Kapolrestabes Makasar dan Dirreskrimum Polda Sumut itu.

Ditambahkan Irwan, selain temu media dan pelatihan pengelolaan medsos pihaknya juga memberikan fasilitas Vaksin Covid-19 Boster 1 dan 2 untuk insan media yang dilaksanakan oleh tim medis dari Seksi Dokkes Polrestabes Semarang. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan