Permintaan Plasma Konvalesen Meningkat, Pendonor Harus Penuhi Syarat Ini

ABOUTSEMARANG – Donor plasma konvalesen sangat dibutuhkan bagi pasien Covid-19. Namun donor plasma konvalesen ini tidak boleh sembarangan.

Karena titer antibodi dalam tubuh calon pendonor yang merupakan penyintas Covid-19 ini harus memenuhi syarat untuk lanjut.

Pjs Kabag Pelayanan Donor Darah UDD PMI Kota Semarang, Nevi Seftaviani menjelaskan dalam sehari, sebanyak 200 pendonor yang ingin mendonorkan plasmanya. namun hanya sekitar 60 persen yang lolos skrining antibodi dan bisa dilakukan pengambilan sampel.

“Tidak bisa donor kemungkinan titer antibodi tidak dipenuhi atau penyintas sudah ikut vaksin namun belum vaksin kedua. Biasanya begitu,” kata Nevi, Jumat (30/7).

Nevi menambahkan, bagi calon pendonor plasma konvalesen sukarela bisa langsung datang ke UDD PMI Kota Semarang dan langsung menuju ke lantai 1. Kemudian calon pendonor bisa melakukan pendaftaran, verifikasi dokumen dan identitas serta pengisian formulir.

Terkait dengan dokumen yang dibutuhkan meliputi surat keterangan positif dan negatif Covid-19 baik tes PCR ataupun Antigen.

Nevi menyebut jika calon pendonor tidak memiliki surat keterangan negatif, bisa menyertakan surat selesai isolasi atau sembuh.

Setelah semua dokumen memenuhi persyaratan, maka dilanjutkan pengecekan HB, antibodi, golongan darah, tensi hingga suhu tubuh. Jika pengecekan lolos, pendonor akan dilakukan pengambilan sampel yang membutuhkan waktu sekitar empat hingga lima jam.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan