Pertamina Naikkan Harga BBM Lagi, Ini Alasannya

ABOUTSEMARANG – PT Pertamina (Persero) kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi jenis Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex, Rabu (3/3).

Dengan kebijakan itu, harga Pertamax Turbo yang Februari lalu dinaikkan dari Rp12 ribu menjadi Rp13.500 kini naik menjadi Rp14.500 per liter. Pertamax Dexlite yang dinaikkan dari Rp9.500 menjadi Rp12.150 kini naik menjadi Rp12.950 per liter.

Dapat disimpulakan bahwa ketiga BBM non subsidi jenis Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex naik berkisar antara Rp500 hingga Rp1.000 per liter.

Sementara untuk BBM yang sering digunakan yakni jenis Pertamax dan Pertalite tidak mengalami kenaikan harga.

Corporate Secretary Subholding Commercial and Trading Pertamina Irto Ginting menyebut, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex dikhususkan untuk golongan masyarakat mampu yang porsinya hanya 3 persen dari total konsumsi BBM nasional.

“Harga BBM Pertamax dan Pertalite tidak ada perubahan,” kata Irto (2/3).

Irto juga menjelaskan alasan Pertamina menaikkan harga BBM yakni penyesuaian terhadap harga minyak mentah dunia yang terus melonjak.

Adapun alasannya adalah harga minyak mentah dunia saat ini sudah menembus level 110 dollar Amerika Serikat per barel.

Irto kembali menjelaskan, penyesuaian harga BBM mengikuti harga market global dan sesuai dengan Keputusan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM).

Tepatnya, Keputusan Menteri ESDM Nomor 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

BACA JUGA :   Harga Telur Terus Meroket, Ini Langkah NFA untuk Stabilkan Harga

Kenaikan harga BBM nonsubsidi tersebut hampir merata di beberapa daerah seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, hingga NTB. Sementara daerah lainnya menyesuaikan dengan harga di masing-masing daerah.

(atn)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan