Pertemuan Menteri Ekonomi Se-ASEAN Digelar di Kota Semarang, 500 Delegasi Bakal Hadir

ABOUTSEMARANG – Pertemuan Menteri Ekonomi se ASEAN yang ke-55 (55th ASEAN Economic Ministers/AEM) diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah mulai kemarin 17 Agustus 2023 hingga 22 Agustus 2023 mendatang.

Adapun dalam pertemuan tersebut diketahui lebih dari 500 delegasi negara akan hadir.

Hal itu disampaikan oleh Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag, Djatmiko Bris Witjaksono.

Sementara itu, para delegasi tersebut diketahui berasal dari negara anggota ASEAN beserta negara-negara mitranya. Misalnya, China, Korea Selatan, Jepang, Australia, India, Rusia, hingga Amerika Serikat.

“Jumlah delegasi yang hadir itu lebih dari 500 delegasi. Total seluruh negara anggota ASEAN. Kemudian satu observer, negara anggota baru di ASEAN walaupun statusnya observer belum full, yaitu saudara kita Timor Leste,” katanya dalam konferensi pers di Hotel Padma, Semarang, dikutip Jumat, 17 Agustus 2023.

“Sebut saja RRT (China), Australia, New Zealand, India, Kanada, Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris dan Rusia. Itu yang hadir delegasinya termasuk juga pejabat setinggi menteri,” lanjutnya.

Menurutnya hal ini merupakan kesempatan baik bagi Indonesia dan masyarakat Semarang untuk menampilkan kota mereka ke dunia internasional.

Adapun penyelenggara ini merupakan kelanjutan dari AEM Retreat di Magelang, Jawa Tengah pada Maret lalu. Pertemuan tersebut tidak dihadiri delegasi selain anggota ASEAN.

Menurutnya, para menteri akan melakukan pertemuan pada 19-22 Agustus 2023. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bakal memimpin AEM ke-55.

Sementara itu pertemuan di hari pertama dan kedua masih di tingkat pejabat senior ekonomi.

Dalam gelaran itu, menteri-menteri ekonomi ASEAN bakal melaksanakan rapat, baik dengan negara sesama kawasan atau dengan negara-negara mitra.

BACA JUGA :   Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya Hari Ini Selasa, 19 Maret 2024

Djatmiko menjelaskan, pertemuan menteri ekonomi se-ASEAN ini merupakan bagian dari rangkaian keketuaan Indonesia di ASEAN.

Sebagai informasi, terakhir kali Indonesia didapuk sebagai ketua ASEAN adalah pada tahun 2013 lalu.

“Jadi ini momen penting dan berharga. Tidak hanya untuk Indonesia, tapi juga masyarakat ASEAN. Kita sudah melewati masa-masa sulit 3 tahun terakhir selama pandemi. Ini tantangan tidak mudah. Dan tema keketuaan Indonesia ASEAN 2023 yaitu ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” bebernya.

Ia menyebut Indonesia mengajak negara-negara ASEAN dan dunia bahwa sekalipun kawasan ASEAN diterpa gejolak geopolitik, ekonomi, dan isu iklim, kawasan ini tetap tumbuh baik dan dinamis dibandingkan kawasan-kawasan lain.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan