Petugas Revitalisasi Alun-alun Kasepuhan Cirebon Temukan Tulang Manusia, Diduga Karena Tempat Ini…

ABOUTSEMARANG – Petugas revitalisasi Alun-alun Kasepuhan Cirebon menemukan sejumlah potongan tulang manusia saat proses penggalian dengan alat berat.

Selain tulang manusia, petugas juga menemukan pecahan keramik dan logam yang diduga benda-benda bersejarah yang berusia ratusan tahun.

Menurut perwakilan komunitas sejarah, temuan benda bersejarah ini diperkirakan usianya mencapai 800 tahun.

“Di Alun-alun Kasepuhan yang sekarang sedang direvitalisasi ini ditemukan barang-barang yang menurut kami, usianya sekitar 800 tahun,” tutur Prabu Diaz, yang juga pimpinan Laskar Agung Macan Ali Cirebon.

Pihaknya juga akan dilaporkan temuan benda bersejarah ini ke pihak-pihak berwenenang.

BACA JUGA: PPKM Diperpanjang, Ini Alasan Objek Wisata Goa Sunyaragi Cirebon Akan Buka

“Kami akan serahkan kepada pemerintah. Apa langkah-langkah pemerintah selanjutnya. Apakah akan dilakukan penggalian dan penelitian ataukah tidak, itu kami serahkan kepada pemerintah,” imbuh Prabu Diaz.

Sementara itu, menurut Rusmaya pegiat sejarah Cirebon jika temuan pecahan keramik dan logamhingga tulang manusia membuat penasaran.

“Awalnya dari rasa penasaran mengingat dulunya alun-alun ini merupakan tempat qisos, tempat hukuman, Alun-alun Sangkala Buana,” ujar Rusmaya.

Sedangkan untuk tulang manusia, diduga bagian dari tulang kering pada kaki manusia. Kini seluruh temuan sudah diamankan dan akan dilaporkan ke pihak terkait.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan