Petugas Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban, Ini Bahayanya Jika Dikonsumsi

ABOUTSEMARANG – Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara menemukan cacing hati pada hewan kurban yang telah disembelih, Selasa (20/7).

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Jepara, Mudhofir menjelaskan temuan cacing hati ini terjadi saat pemotongan hewan kurban di rumah pemotongan hewan (RPH) Kota Jepara.

Temuan cacing hati pada hewan kurban pun diketahui saat melakukan pantauan dan pemeriksaan hewan kurban di RPH dan masjid tempat penyembelihan hewan kurban.

“Kami menemukan adanya cacing hati pada hewan sapi yang telah disembelih. Adanya temuan ini, jeroan tersebut langsung kami musnahkan,” kata Mudhofir.

Tim dari DKPP memang memastikan hewan kurban aman sampai ke masyarakat. Pasalnya, penyakit hewan seperti cacing hati bisa menular ke manusia, jika saat memasaknya kurang tepat atau kurang matang.

Telur cacing yang masih bersarang pada hati, bisa berkembang biak ketika dikonsumsi manusia. Sehingga, petugas menyita seluruh hati yang diketahui mengandung cacing untuk diperiksa lebih lanjut.

“Meskipun pemeriksaan tidak bisa menyeluruh, tetapi kami meminta seluruh panitia hewan kurban untuk mengecek bagian dari hewan kurban. Jika ada cacing hati bisa langsung dimusnahkan,” terangnya.

Tak hanya melakukan pemeriksaan saat penyembelihan hewan kurban, tim DKPP juga melakukan pemeriksaan hewan yang akan dikurbankan.

Pemeriksaan meliputi, kepastian kondisi hewan sebagai syarat kurban, serta kesehatan hewan yang akan digunakan untuk kurban.

Tahun ini, pemotongan hewan kurban sebenarnya diarahkan ke RPH. Namun dengan keterbatasan jumlah RPH di Jepara, hanya 40 hewan kurban yang masuk dan disembelih di dua RPH, yakni RPH Kota Jepara dan RPH Margoyoso. Penyembelihan lainnya dilakukan di masjid dan mushala. (ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan