Pohon Mangga Talijiwo Museum Lawang Sewu Semarang Tumbang Akibat Hujan Deras Sejak Pagi

ABOUTSEMARANG – Hujan deras disertai angin yang mengguyur Kota Semarang sejak pagi tadi, Sabtu, 31 Desember 2022 menyebabkan pohon mangga talijiwo di Museum Lawang Sewu Semarang tumbang.

Pohon tua yang diperkirakan sudah berusia sekitar 100 tahun itu tumbang dan menimpa dua orang petugas yang menyebabkan satu orang mengalami patah tulang.

“Disebabkan hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang di wilayah Kota Semarang sehingga mengakibatkan satu pohon mangga talijiwo yang berada di area halaman Historic Building Lawang Sewu (Museum Lawang Sewu) tumbang,” kata Humas PT Kereta Api Wisata M Ilud Siregar dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/12/2022).

Berdasarkan informasi yang dihimpun About Semarang, pohon yang sudah menghiasi Museum Lawang Sewu itu tumbang sekitar pukul 07.47 WIB.

Dua orang petugas yang diketahui tengah berada di lokasi pun tertimpa pohon besar itu hingga menyebabkan satu orang mengalami patah tulang. Sedangkan korban satunya mengalami luka nyeri di pinggang.

Akibat insiden tersebut, kedua petugas tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

“Pohon yang tumbang tersebut menimpa 1 petugas kebersihan (K3) Museum Lawang Sewu dan 1 petugas dari pengelola UMKM saat bertugas. Korban atas nama Agus Ismanto petugas kebersihan (K3) Museum Lawang Sewu diketahui mengalami patah tulang dikarenakan benturan di pangkal lengan/tangan sebelah kiri,” katanya.

“Pengobatan di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama,” imbuhnya.

Atas insiden yang terjadi di objek wisata ikon Semarang tersebut, Ilud menyampaikan permohonan maaf.

Ilud juga mengatakan bahwa pohon yang tumbang itu memang usianya sudah berkisar 100 tahun.

BACA JUGA :   Info Lur! Sejumlah Ruas Jalan di Kota Lama Semarang Bakal Ditutup Sementara Sore Ini

“Berusia kurang lebih 100 tahun di mana pohon tersebut mulai ditanam kurang lebih di tahun 1916. Keberadaan pohon tersebut di area halaman Museum Lawang Sewu menambah keindahan dan kesejukan serta keteduhan suasana di area Museum Lawang Sewu,” ujarnya.

Sementara itu, petugas diketahui tengah melakukan pembersihan terhadap pohon yang tumbang tersebut.

Untuk kunjungan ke Lawang Sewu sendiri, Ilud menyampaikan ditutup sementara.

“Untuk sementara waktu kegiatan kunjungan kami tutup sampai petugas dan tim perbaikan dan kebersihan menyelesaikan evakuasi pohon yang tumbang,” ungkap Ilud Siregar.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan