Pomnas XVII 2022, Kontingen Jateng Tempati Peringkat 2 Raih 89 Medali

ABOUTSEMARANG – Provinsi Jawa Tengah menempati peringkat 2 pada gelaran Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVII 2022. Pada ajang yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang, Sumbar 17-26 November itu, kontingen Jawa Tengah mendulang 89 medali.

Capaian itu sekaligus memperbaiki catatan perolehan medali, setelah pada Pomnas XV dan XVI posisi kontingen Jateng terhempas di ranking 4.

Ketua Umum Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Jateng, Handojo Djoko Waloejo mengatakan, Provinsi Jawa Tengah berada di urutan kedua setelah kontingen DKI Jakarta.

Menurutnya, capaian yang ditorehkan pada 2022 melebihi target yang dicanangkan.

“Ini melebihi target. DKI Jakarta memang selalu yang nomor satu, karena banyak pemain yang berasal dari Pelatnas. Sedangkan posisi dua selalu diperebutkan antara kita (Jateng), Jabar, dan Jatim. Itu selalu bergantian,” paparnya, saat dihubungi melalui ponselnya, Rabu (30/11).

Dikatakan, beberapa cabang olahraga seperti atletik, karate, panjat tebing, pencak silat, petanque, sepak takraw, taekwondo, tarung derajat, dan tenis lapangan, menjadi cabor pendulang emas.

Pada ajang itu, Jateng memeroleh 28 emas, 23 perak, dan 38 perunggu.

Handojo mengungkap, capaian kontingen Pomnas Jateng tidak lepas dari banyaknya mahasiswa berprestasi di bidang olahraga dari kampus-kampus.

Ia membeberkan, setelah Pomnas XVI di DKI Jakarta, pengurus bersama paguyuban pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan Jawa tengah melakukan evaluasi dan merancang strategi tertentu.

“Kita punya regulasi agar perguruan tinggi membuka pintu selebar-lebarnya untuk penerimaan mahasiswa dari bidang seni dan olahraga. Perguruan tinggi memberi kemudahan, seperti beasiswa dan perkuliahan,” paparnya.

BACA JUGA :   Dispora Kota Semarang Keluarkan Aturan Baru Masuk GOR TLJ

Menurut Handojo, strategi itu mumpuni untuk menggaet atlet-atlet berprestasi, agar belajar di perguruan tinggi yang ada di Jateng. Sehingga, pada Pomnas 2022 tidak kesulitan mencari atlet untuk mewakili Jateng.

Perlu diketahui, atlet yang mewakili Jateng pada Pomnas XVII 2022 berasal dari 29 perguruan tinggi. Di antaranya Unnes, USM, UNS, Undip, Unika Soegijapranoto, Untag Semarang, UMP Purwokerto, Udinus, UMS Surakarta, Unisri, Unsoed, Upgris, Unsa.

Ada juga dari UKSW, UMK, UNW, UMPP Pekalongan, UNIMUS Semarang, UIN Saizu Purwokerto, Undaris, Universitas AKI, Unnisula, Universitas Stikubank, UT Semarang, UT Surakarta, UTP Surakarta, Polmarin, STIE Anindyaguna dan STKIP Darussalam Cilacap.

Terakhir, ia berharap, prestasi ini menjadi pelecut agar pembinaan olahraga di Jateng semakin baik, untuk persiapan Pomnas XVIII tahun 2023 di Kalimantan Selatan

“Pada gelaran ini, kami dibantu secara pendanaan oleh Pemprov Jateng melalui Disporapar Jateng, KONI Jateng dan Perguruan Tinggi yang mengirimkan atlet. Kami juga menyampaikan, perguruan tinggi di Jateng membuka pintu lebar bagi para atlet berprestasi, yang ingin meneruskan ke jenjang lebih tinggi,” pungkas Handojo.

(ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan