Potret Peringatan Hari Buruh Internasional di Kota Semarang

ABOUTSEMARANG – Hari Buruh Internasional atau May Day diperingati di Semarang. Sejumlah elemen buruh dari berbagai wilayah di Jawa Tengah berkumpul di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah di Jalan Pahlawan No.9, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang pada Senin, 1 Mei 2023.

Sejumlah elemen buruh dari berbagai daerah di Jawa Tengah memperingati May Day atau Hari Buruh Internasional di Semarang. Aksi dipusatkan di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah di Jalan Pahlawan No.9, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang pada Senin, 1 Mei 2023. Foto: Andini Wahyu Pratiwi/About Semarang.

Massa buruh longmarch dari Jalan Pandanaran menuju ke titik kumpul utama di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah di Jalan Pahlawan melewati Simpang Lim Semarang pada Senin, 1 Mei 2023. Foto: Andini Wahyu Pratiwi/About Semarang.

Sejumlah elemen buruh yang mengikuti demonstrasi peringatan May Day datang dari FSPKEP Kabupaten Karangayar, FSPMI, KSPI, dan FSBMC Cilacap pada Senin, 1 Mei 2023. Foto: Andini Wahyu Pratiwi/About Semarang.

Untuk pengamanan, pihak kepolisian tidak hanya menyiagakan 4.390 personil. Namun di depan pintu masuk Kantor Gubernur Jawa Tengah juga dipasang sejumlah pagar kawat berduri selama jalannya demonstrasi pada Senin, 1 Mei 2023. Foto: Andini Wahyu Pratiwi/About Semarang.

Sejumlah peserta aksi nampak berjalan menuju titik utama orasi di depan gerbang masuk Kantor Gubernur Jawa Tengah pada Senin, 1 Mei 2023. Foto: Andini Wahyu Pratiwi/About Semarang.

Beberapa perwakilan buruh juga nampak melakukan orasi untuk menyampaikan perihal tuntutan yang disuarakan para buruh pada May Day, Senin, 1 Mei 2023. Foto: Andini Wahyu Pratiwi/About Semarang.

Dalam demonstrasi peringatan May Day kali ini, ada sebanyak enam tuntutan yang dilayangkan buruh kepada pemerintah yang disampaikan pada saat aksi, Senin, 1 Mei 2023. Foto: Andini Wahyu Pratiwi/About Semarang.

Adapun enam tuntutan tersebut di antaranya cabut UU Cipta Kerja, Tolak RUU Kesehatan, Reforma Agraria dan Kedaulatan Pangan, Sahkan RUU PPRT, Cabut UU Terkait Parlementary Treshold 4% serta Pilih Presiden 2024 yang Pro Buruh dan Pekerja. Foto: Andini Wahyu Pratiwi/About Semarang.

Dalam aksi demo yang digelar di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah tersebut, para peserta memulai aksi dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Foto: Andini Wahyu Pratiwi/About Semarang.

Perwakilan buruh yang menyuarakan orasi nampak berdiri di atas truk komando yang terparkir di depan pintu gerbang Kantor Gubernur Jawa Tengah pada Senin, 1 Mei 2023. Foto: Andini Wahyu Pratiwi/About Semarang.

Para peserta aksi berdiri di depan truk komando untuk memberi dukungan serta menyimak perwakilan buruh yang tengah menyampaikan orasi di atas truk yang terparkir di depan gerbang Kantor Gubernur Jawa Tengah pada Senin, 1 Mei 2023. Foto: Andini Wahyu Pratiwi/About Semarang.

Sharing:

BACA JUGA :   Kota Semarang Resmi Miliki 3 SPBG Penggaron, Mangkang dan Kaligawe

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan