PPDB Jateng 2022 Dibuka Hari Ini, Cek Ketentuan, Cara Daftar dan Jadwal Pelaksanaan

ABOUTSEMARANG – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru untuk wilayah Jawa Tengah atau PPDB Jateng 2022 jenjang SMA dan SMK mulai dibuka hari ini Rabu (29/6) hingga 1 Juli mendatang.

Pendaftaran PPDB sudah dibuka sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB (setiap hari dalam masa pendaftaran). Pendaftaran dapat dilakukan secara daring (online) melalui web ppdb.jatengprov.go.id.

Calon pendaftar yang ingin melanjutkan studi ke jenjang SMA dan SMK bisa mengikuti PPDB Jateng lewat beberapa jalur seleksi.

Untuk SMA, terdapat jalur Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orang Tua (PTO), dan Prestasi. Sementara untuk pendaftaran ke SMK, calon peserta dapat memilih jalur afirmasi, prestasi, dan domisili terdekat.

Sebelum melakukan pendaftaran, calon peserta telah lebih dulu melewati proses pengajuan dan aktivasi akun PPDB jateng yang digelar pada 15-28 Juni lalu, berikut dengan mengunggah berkas-berkas yang dibutuhkan.

Setelah berkas diunggah dan diverifikasi ke Satuan Pendidikan terdekat secara luring, calon peserta memperoleh nomor peserta dan token atau password untuk login ke situs web “ppdb.jatengprov.go.id”.

Kemudian, peserta bisa melakukan pemilihan sekolah tujuan dalam rangka proses pendaftaran PPDB Jateng 2022 yang digelar pada 29 Juni 2022.

Berikut cara pendaftaran PPDB Jateng 2022:

1. Masuk ke website https://ppdb.jatengprov.go.id. Kemudian, pilih jenjang dan jalur seleksi yang ingin diikuti.
2. CPD langsung melakukan login menggunakan akun memakai nomor peserta dan password yang didapatkan saat proses pembuatan akun dan verifikasi.
3. CPD melakukan pemilihan sekolah tujuan.
4. CPD yang telah melakukan pendaftaran secara daring akan memperoleh nomor pendaftaran.
5. Jurnal dan hasil seleksi dapat dilihat pada sistem aplikasi PPDB dengan nomor pendaftaran peserta PPDB.

BACA JUGA :   Pendaftaran PPDB Jateng Dibuka, Ini Dia Syarat dan Jadwal PPDB Jenjang SMA dan SMK

Berikut ketentuan-ketentuan dalam PPDB 2022 yaitu:

SMA Negeri

1. Calon Peserta Didik memiliki hak melakukan pendaftaran pada 2 (dua) Satuan Pendidikan pilihannya dengan ketentuan 1 (satu) Satuan Pendidikan di dalam wilayah zonasinya, dan 1 (satu) Satuan Pendidikan di luar wilayah zonasinya, dengan ketentuan :

– Calon Peserta Didik SMA Negeri dapat mendaftarkan diri pada 1 (satu) Satuan Pendidikan melalui jalur zonasi, dan 1 (satu) Satuan Pendidikan di luar zonasi pada jalur prestasi/afirmasi.

– Calon Peserta Didik yang mendaftar melalui jalur prestasi di dalam wilayah zonasi, tidak dapat melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi, dan dapat mendaftar melalui jalur afirmasi di luar wilayah zonasi apabila memenuhi persyaratan pada jalur afirmasi.

2. Calon Peserta Didik SMA Negeri dapat mengubah pilihan Satuan Pendidikan dan jalur selama masa pendaftaran, kecuali Jalur Perpindahan Orang Tua/Wali

SMK Negeri

1. Calon Peserta Didik SMK dapat mendaftarkan diri pada 3 (tiga) pilihan kompetensi keahlian pada sebanyak-banyaknya 2 (dua) Satuan Pendidikan.

2. Calon Peserta Didik SMK Negeri dapat mengubah pilihan kompetensi keahlian dan/atau Satuan Pendidikan selama masa pendaftaran.

Setelah melakukan pendaftaran, terdapat rangkaian proses PPDB Jateng 2022 yang juga perlu diperhatikan dan diikuti oleh calon peserta sesuai dengan jadwalnya. Dikutip dari laman resmi PPDB Jateng, berikut adalah jadwal PPDB Jateng 2022.

1. Verifikasi berkas dilaksanakan pada jam kerja di Satuan Pendidikan SMA/SMK Negeri.

Pendaftaran, dan perubahan pilihan dibuka tanggal 29 Juni 2022, mulai pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB (setiap hari dalam masa pendaftaran). Dan, ditutup tanggal 1 Juli 2022, pukul 16.00 WIB.

2. Evaluasi Pengaduan: Tanggal 2 s.d 3 Juli 2022.

3. Pengumuman Hasil: Tanggal, 4 Juli 2022 selambatnya pukul 23.55 WIB.

BACA JUGA :   PPDB Jateng 2022: 216.107 Peserta Didik Lulus Seleksi

4. Daftar Ulang: Tanggal, 5 s.d 7 Juli 2022

5. Awal Tahun Ajaran Baru 2022/2023: Tanggal 18 Juli 2022.

Demikianlah informasi seputar cara daftar PPDB Jateng 2022 secara daring, serta ketentuan dan jadwalnya, semoga bermanfaat. Informasi yang lebih lengkap bisa juga dicek lewat laman resmi PPDB Jateng 2022.

(atn)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan