Presiden Jokowi Putuskan Pandemi Covid-19 Diperpanjang, Ini Aturannya

ABOUTSEMARANG – Masa pandemi Covid-19 dinyatakan belum berakhir. Perpanjangan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) 24 tahun 2021.

Masa pandemi diperpanjang atau dinyatakan belum berakhir dalam kepres tentang Penetapan Status Faktual Pandemi Corona Virus Disease 2019, yang dipublikasikan laman Sekretariat Negara (Setneg), Minggu (2/1).

“Menetapkan masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang merupakan Global Pandemic sesuai pernyataan World Health Organization secara faktual masih terjadi dan belum berakhir di Indonesia,” tulis Keppres Nomor 24 Tahun 2021 (klik untuk lihat).

Pemerintah beralasan, pandemi dan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang telah dinyatakan oleh WHO sebagai Global Pandemic sejak tanggal 11 Maret 2O2O.

Kemudian ditetapkan sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat berdasarkan Keppres 11/2020 sampai saat ini belum berakhir dan berdampak terhadap berbagai aspek termasuk aspek kesehatan, ekonomi, dan sosial yang luas di Indonesia.

Selain itu, Mahkamah Konstitusi (MK) menegaskan pentingnya pernyataan dari Presiden atas status faktual pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia, perlu diberikan kepastian hukum mengenai belum berakhirnya pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Arahan Presiden Saat Nataru: Pertemuan Dibatasi 50 Orang, Sudah Vaksin Boleh Traveling

Presiden juga memutuskan bahwa dalam rangka penanganan, pengendalian, dan/atau pencegahan pandemi Corona Virus Disease 2019 beserta dampaknya khususnya di bidang kesehatan, ekonomi, dan sosial.

Pemerintah dapat menetapkan bauran kebijakan melalui penetapan skema pendanaan antara Pemerintah dengan badan usaha yang bergerak di bidang pembiayaan pelayanan kesehatan dan skema lainnya.**

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan