Puasa Idul Adha 2021, Berikut Ini Jadwal dan Niatnya

ABOUTSEMARANG – Bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang memiliki keutamaan untuk menjalankan ibadah. Seperti puasa sunnah, memperbanyak bacaan sholawat, berdoa, hingga amalan kebajikan lainnya.

Puasa Idul Adha 2021 atau puasa Dzulhijjah merupakan puasa sunnah yang dikerjakan pada 9 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa 10 hari bulan Dzulhijjah merupakan hari yang agung di sisi Allah SWT. Dari Ibnu Umar ra, Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ

Artinya: “Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah).” (HR. Ahmad, dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir)

Dalam hadits lain dijelaskan bahwa tidak ada amal yang lebih utama daripada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah. Dari Ibnu Abbas ra. Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada amal yang lebih utama daripada sepuluh hari bulan Dzulhijjah. Mereka (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasulullah, tidak pula jihad di jalan Allah?” Beliau menjawab. “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali seorang laki-laki keluar dengan jiwa dan hartanya di jalan Allah kemudian ia tidak kembali membawa sesuatu.” (HR. Abu Dawud dan lainnya)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan