Punya Fitur Serupa iPhone, OPPO A16K Sematkan Ini Pada Tombol Navigasinya

ABOUTSEMARANG – OPPO A16K kini dibekali dengan fitur Assistive Ball yang serupa dengan fitur yang ada pada produk iPhone yaitu fitur AssistiveTouch.

Adapun fitur Assistive Ball yang disematkan pada ponsel OPPO A16K memungkinkan penggunanya bernavigasi antarmenu atau aplikasi melalui sebuah tombol bulat virtual yang mengambang di layar.

Selain itu, fitur tersebut juga dapat dipakai pengguna sebagai pengganti tombol navigasi yang biasanya ada di bawah layar.

Dengan demikian, pengguna OPPO A16K dapat menyembunyikan tombol navigasi itu dan membuat layar menjadi lebih lega, sekaligus mengalihkan fungsinya ke tombol berbentuk elips tersebut.

Sementara itu, fitur Assistive Ball pada OPPO A16K juga memiliki fungsi dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna.

Untuk fungsi pertama, tombol virtual tersebut dapat bertugas sebagai tombol navigasi seperti pengganti tombol navigasi yang berada di bawah.

Sedangkan fungsi kedua, Assistive Ball juga dapat menampilkan beragam menu untuk dapar mengoperasi ponsel seperti penguncian layar, pengambilan screenshot, dan lain sebagainya.

Meski Assistive Ball merupakan salah satu fitur bawaan dari OPPO A16K, namun masih ada pengguna yang bingung cara mengaktifkannya.

Nah, tidak perlu khawatir, berikut ini cara mengaktifkan fitur Assistive Ball di OPPO A16K.

  • Langkah pertama, kunjungi menu pengaturan (Settings) ponsel OPPO A16K. Setelah itu, pilih menu ‘Convenience tools, lalu pilih ‘Assistive Ball’.
  • Pada tampilan selanjutnya, aktifkan opsi ‘Assistive Ball’ dan pengguna akan dapat mengatur opsi-opsi lainnya seputar fungsi fitur tersebut.
  • Kemudian pada kolom ‘Operation Mode’, misalnya pengguna dapat mengubah fungsi tombol virtual bulat tersebut menjadi tombol navigasi biasa dengan memilih opsi ‘Gesture Operations’.
  • Adapun nantinya, tombol tersebut akan dapat dipencet untuk kembali ke menu atau aplikasi sebelumnya, membuka daftar aplikasi sedang berjalan di sistem, atau kembali ke layar utama (home screen) ponsel.
  • Setelah itu, apabila pengguna memilih opsi ‘Tap Menu’, maka tombol bulat virtual ala iPhone tersebut akan menampilkan berbagai menu terkait pengoperasian ponsel.
BACA JUGA :   Setelah Lama Dinanti! WhatsApp Akhirnya Siapkan Fitur Baru Buat Sembunyikan Status Online

Lebih lanjut, menu-menu tersebut mencakup kembali ke menu atau aplikasi sebelumnya, menu untuk mengambil screenshot, menu untuk menampilkan aplikasi yang sedang berjalan, menu untuk mengunci layar ponsel, dan menu untuk kembali ke home screen.

Untuk mengubah fungsi tombol virtual, pengguna dapat mengatur tingkat transparansi tampilan visual tombol tersebut melalui kolom ‘Opacity’.

Lalu, mereka juga bisa mengaktifkan opsi ‘Hide in full screen’ untuk menyembunyikan tombol virtual berbentuk elips ini dari layar ketika sebuah aplikasi sedang berjalan dengan layar penuh (full screen).

Jika ingin memunculkannya lagi, pengguna cukup melakukan usapan (swipe) dari ujung kanan atau kiri atas layar ke bagian bawah atau tengah layar.

Di samping bisa diatur-atur fungsi dan tampilan visualnya, tombol Assistive Ball ini juga bisa dipindahkan posisinya ke berbagai sisi layar ponsel OPPO A16K.

Untuk memindahkan posisi tombol Assistive Ball, pengguna hanya perlu menekan tombol tersebut dan memindahkannya ke sisi layar yang diinginkan.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan