Punya Modal Kompetitif, Hendi: Universitas di Indonesia Tak Kalah dengan Luar Negeri

ABOUTSEMARANG – Kepala LPKK Republik Indonesia, Hendrar Prihadi menegaskan bahwa mahasiswa lulusan universitas di Indonesia memiliki modal kompetitif yang sama dengan lulusan kampus luar negeri.

Oleh karena itu, mantan Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu meminta agar para mahasiswa di universitas dalam negeri tidak minder dengan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di universitas luar negeri.

Hal tersebut disampaikan Hendi dalam acara pelantikan Prof S Martono sebagai rektor PTN-BH Universitas Negeri Semarang di Auditorium Prof Wuryanto Unnes, Senin (13/03/2023).

Lebih lanjut, Hendi menyebutkan bahwa kisah perjalanan hidup Ir Soekarno juga dapat dimaknai untuk meningkatkan kepercayaan diri para mahasiswa atau lulusan universitas dalam negeri.

Apabila ditelusuri, Ir Soekarno bukanlah lulusan luar negeri seperti Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, atau Ahmad Soebardjo, tapi dialah yang menjadi presiden pertama Republik Indonesia.

“Dalam buku biografi Bung Karno oleh Cindy Adams, disebutkan bapak ibunda Bung Karno meminta agar beliau tetap di Indonesia untuk melanjutkan kuliah, tidak seperti siswa lulusan HBS lainnya yang berkuliah di luar negeri,” ungkap Hendi.

Selain itu, Hendir juga sempat menyinggung perihal potensi sumber daya Indonesia yang hilang seiring banyaknya pelajar Indonesia yang lebih memilih kuliah di luar negeri.

“Mulai dari dana pengembangan kampus yang masuk ke universitas luar negeri, potensi perputaran ekonomi dari aktivitas mahasiswa selama berkuliah, hasil penelitian yang dilakukan, hingga sumber daya manusianya itu sendiri, yang dalam beberapa kasus enggan kembali ke tanah air,” tutur Hendi.

BACA JUGA :   Hari Pertama Kerja, Hendrar Prihadi Temui Menko Luhut Bahas RUU Pengadaan

Tidak lupa, Hendi memberikan apresiasi kepada Universitas Negeri Semarang yang terus berkembang, dari yang semula merupakan IKIP Negeri Semarang. Menurutnya, berkembangnya Unnes dapat membangun optimisme Indonesia, tidak hanya dari segi peningkatan pendidikan, namun juga sebagai daya dongkrak ekonomi.

“Maka saya ucapkan selamat dan sukses kepada Prof S Martono yang hari ini dilantik sebagai rektor PTN-BH UNNES. Saya yakin dengan menjadi perguruan tinggi negeri badan hukum, UNNES dapat lebih berkembang lagi,” tutur Hendi.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan