Putus Mitos Perang Bubat dan Penyatuan Jawa-Sunda, Solo Akan Miliki Jalan Siliwangi dan Jabar Punya Jalan Surakarta

ABOUTSEMARANG – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sepakat untuk menambah nama jalan Siliwangi di Solo dan jalan Surakarta di Jawa Barat sebagai simbol kekuatan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita ada gagasan nanti di Solo ada nama Jalan Siliwangi. Di Jabar nanti saya carikan nama Jalan Surakarta. Sehingga kekuatan Bhinneka Tunggal Ika Jawa-Sunda bisa menyatu dalam simbolisme yang baik,” kata Ridwan Kamil saat bertemu dengan Gibran di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Sabtu (29/10).

Ridwan Kamil menerangkan banyaknya cerita lama yang dapat memicu perpecahan antara etnis Sunda dan Jawa atau yang dikenal dengan sebutan Perang Bubat.

“Kan selalu ada mitos perang bubat selalu menyertai alam bawah sadar dua suku bangsa ini. Dengan pemimpin milenialnya memberi pesan lebih baik bersatu, kurangi pertengkaran, kurangi persepsi yang kurang pas. Saya kira itu yang dibutuhkan membangun Indonesia ke depan. Sehingga fokus aja berinovasi,” ungkapnya.

Selain pertukaran nama jalan, Ridwan Kamil juga membeberkan Pemkot Solo meminta aplikasi sistem kepegawaian dari Jawa Barat. Dengan aplikasi tersebut, proses penempatan, rotasi, mutasi, dan promosi ASN dilakukan secara transparan.

“Sistem informasi birokrasi Jawa Barat kan tahun lalu menjadi yang terbaik Se-Indonesia ya. Salah satunya karena praktik-praktik birokrasi semua kita kunci pakai aplikasi,” katanya.

“Jadi enggak ada KKN, nggak ada korupsi, enggak ada jual beli jabatan, orang malas ketahuan,” lanjutnya.

Pemprov Jawa Barat, kata Ridwan Kamil, akan memberikan salinan aplikasi tersebut kepada Pemkot Solo. “Kalau Mas Wali berkenan, tinggal copy-paste aja. Enggak perlu effort lagi,” katanya.

BACA JUGA :   Cek Harga! Dream Theater Gelar Konser di Solo, Tiket Dijual Mulai 1 Juli

Gibran pun mengapresiasi bantuan yang ditawarkan Ridwan Kamil. Ia bahkan telah mengirim tim khusus untuk mempelajari aplikasi sistem informasi birokrasi dari Pemprov Jawa Barat.

“Aplikasinya ini bisa kapan saja kita copy, bagus banget kok. Untuk mengisi jabatan-jabatan kosong dan lainnya bisa lebih efektif,” kata Gibran.

Gibran juga memastikan proses pertukaran nama jalan akan segera ditindaklanjuti. Ia berharap Jalan Siliwangi sudah ditetapkan di Solo dalam waktu dekat.

“Iya. Kita siapkan dari sekarang,” katanya. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan