Rawan Terpapar Covid-19, Ibu Hamil Perlu Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

ABOUTSEMARANG – Banyaknya Ibu hamil yang meninggal akibat terpapar Covid-19 perlu mendapatkan perhatian khusus. Di masa kehamilan, imunitas tubuh menurun sehingga rawan terpapar Covid-19 dampaknya bisa fatal menyebabkan kematian.

Dokter spesialis Obstetri dan ginekologi RS Islam Banjarnegara, dr Iqbal Ardhi SpOG menjelaskan Ibu hamil hendaknya menerapkan protokol kesehatan dengan ketat saat pandemi Covid-19.

“Secara alamiah, ibu hamil itu imunnya sedang turun sehingga rawan terpapar Covid-19 di masa pandemi ini,” kata Iqbal.

Ditambahkan Iqbal, selain rentan terpapar, efek dari virus pada ibu hamil muda bisa menyebabkan pertumbuhan janin kurang maksimal dan keguguran. Bahkan, dampak paling fatal hingga menyebabkan kematian.

Di sisi lain, terapi pengobatan pada ibu hamil juga berbeda dengan pasien lain karena ibu hamil tidak bisa diberikan obat antivirus.

“Obat antivirusnya itu masuk kategori D yang tidak bisa diberikan untuk ibu hamil,” tuturnya.

Karena itu, lanjut Iqbal, kerentanan ini perlu dicermati dan dipahami betul oleh ibu hamil dan keluarganya. Solusi yang utama dari permasalahan ini yakni dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ibu hamil harus mengisolasi diri di rumah dan mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan