Reboisasi Cegah Banjir, Pemkab Pati Tanam 5.000 Pohon di Pegunungan Kendeng

ABOUTSEMARANG – Penghijauan Pegunungan Kendeng dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pati (Pemkab Pati) dengan melakukan penanaman 5.000 bibit pohon.

Penanaman tersebut ditujukan sebagai salah satu upaya mencegah banjir bandang yang sering melanda daerah Pati saat curah hujan tinggi.

“Ribuan bibit pohon penghijauan tersebut ditanam di kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tambakromo Pati,” kata Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro di Pati, Kamis, 15 Desember 2022.

Seperti diketahui, dari ribuan bibit tanaman tersebut, kata dia, ada pohon tanaman keras dan buah serta rumput vertifer.

Untuk penanaman bibit tanaman buah-buahan bertujuan agar ada nilai ekonomis yang bisa dimanfaatkan masyarakat, sehingga tidak ada upaya penebangan pohon.

Upaya penghijauan akan terus digalakkan, terutama di daerah yang seharusnya menjadi tangkapan air hujan, sedangkan perawatan tanaman menjadi kewajiban bersama agar bibit tersebut bisa tumbuh hingga besar dan memberikan manfaat.

“Akan tetapi karena berubahnya fungsi hutan yang ditumbuhi tanaman semusim. Akhirnya mengakibatkan banjir bandang di wilayah bawah,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, dia mengharapkan bisa memberi contoh masyarakat bahwa penghijauan di kawasan hutan yang gundul penting sebagai upaya mencegah terjadinya bencana banjir.

Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan penghijauan ini.***

Sharing:

BACA JUGA :   Lewat “Gembumi”, Ratusan Pelajar Cileungsi Lakukan Aksi Tanam Pohon Masal untuk Lindungi Bumi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan