Resep Kombucha Lemon Minuman Kesukaan Jungkook BTS

ABOUTSEMARANG – Kombucha adalah teh fermentasi yang dibuat dengan proses fermentasi menggunakan campuran jamur dan bakteri yang disebut SCOBY (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast). Kadang disebut juga bibit kombucha atau jamur kombucha.

Kombucha dikenal sebagai minuman sehat. Salah satu khasiatnya yang paling dicari adalah memperlancar pencernaan. Selain itu, konsumsi minuman ini secara teratur juga bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan gangguan ginjal.

Jungkook, personel BTS mendapatkan julukan King of Sold Out oleh para penggemarnya. Nyaris semua barang yang dipakai atau digunakan olehnya langsung diburu penggemar hingga permintaan membludak dan pasar kehabisan stok.

Februari 2021 lalu, Jungkook sempat membeli teh kombucha rasa lemon dari produsen minuman yang muncul di V LIVE. Jungkook memang berkeinginan mendukung bisnis lokal dengan membeli produk jadi.

Baca Juga : Mengenal Kombucha, Teh Fermentasi Sumber Probiotik

Menurut laman LiveEatLearn, ada berbagai tahap membuat kombucha dengan waktu fermentasi bervariasi, antara tiga hari sampai satu bulan.

Ingin mencoba membuat sendiri? Berikut ini resep kombucha lemon, minuman kesukaan Jungkook BTS.

Resep Kombucha 

Bahan:

  • 2-3 liter air keran yang dipanaskan sampai mendidih lalu didiamkan selama semalam
  • 8 kantung teh hijau atau teh hitam
  • 200 gram gula putih
  • 1-2 buah SCOBY (bibit kombucha) siap pakai
  • larutan starter atau cuka kombucha secukupnya (biasa dijual sepaket bersama SCOBY)

Cara Membuat Kombucha:

  1. Didihkan air dalam panci bersih. Angkat dan tambahkan gula dan teh. Biarkan terendam sementara air mendingin hingga mencapai suhu ruang.
  2. Pastikan tangan Anda bersih dan keluarkan SCOBY dengan lembut dan letakkan di piring.
  3. Setelah benar-benar bersuhu ruang, tuangkan campuran teh dan gula ke dalam stoples, lalu tuangkan starter kombucha tanpa rasa. Jika Anda menggunakan dua stoples, tuangkan setengah starter kombucha ke masing-masing stoples.
  4. Masukkan SCOBY ke dalam stoples dengan hati-hati, lalu tutup dengan beberapa lapis kain. Pastikan rapat sebelum dikencangkan dengan karet gelang.
  5. Letakkan stoples di tempat yang gelap dengan suhu antara 21–24 celcius selama 6–10 hari. Mulailah mencicipi teh sekitar enam hari dengan menarik sedikit teh menggunakan sedotan kertas. Sebagai catatan, semakin hangat suhu, semakin cepat kombucha berfermentasi.

Bahan dan Cara Membuat Kombucha Lemon

Bahan:

  • 250 ml kombucha polos
  • 125 ml air perasan lemon segar
  • 1 sendok makan gula kelapa
  • 250 ml air

Pelengkap (opsional):

  • es batu secukupnya
  • irisan lemon segar

Cara Membuat Kombucha Lemon:

  1. Campurkan kombucha tawar dan air perasan lemon segar. Sisihkan terlebih dahulu.
  2. Larutkan 1 sendok makan gula kelapa ke dalam air di wadah berbeda. Kemudian tuang air ke dalam campuran kombucha dan lemon tadi.
  3. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Sajikan dengan es batu dan irisan lemon agar lebih nikmat. Selamat mencoba. ***
Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan