Resep Salmon Mentai Ala Rumahan, Simpel Bisa Jadi Ide Jualan

ABOUTSEMARANG – Siapa yang belum tahu salmon mentai? Jika belum, maka kalian saat ini berada di artikel yang tepat.

Kali ini kita akan membahas tentang mentai, salah satu makanan kekinian yang tengah naik daun di Indonesia.

Mentai termasuk salah satu hidangan viral yang laris manis di Indonesia. Kalau dilihat di media sosial, pasti banyak banget yang menjual Mentai, salah satunya yakni Salmon Mentai.

Salmon mentai adalah hidangan nasi ber-topping irisan salmon dan diselimuti dengan campuran mayones dengan tobiko atau telur ikan terbang.

Baca Juga : Resep Kombucha Lemon Minuman Kesukaan Jungkook BTS

Apa sih Mentai itu?

Mentai adalah makanan khas yang berasal dari Jepang dan terbuat dari telur ikan tarako yang diberi bumbu lada dan sering diolah di berbagai makanan.

Salah satu olahan makanannya adalah Saos Mentai, telur ikan yang sudah dicampur dengan mayonais. Kalau sekarang, Saos Mentai kebanyakan berbahan dasar dari telur ikan Tobiko.

Kreasi resep mentai yang dibuat pun beragam, tetapi salah satu yang paling terkenal dan laris manis adalah resep Salmon Mentai.

Salmon Mentai tentu saja berbahan dasar Ikan Salmon dan saos Mentai. Banyak yang menyukainya karena kombinasi rasa gurih, asin, manis, dan agak sedikit pedas.

Selain itu, Salmon juga akrab bagi mereka yang suka dengan makanan Jepang. Hal inilah yang membuat Salmon Mentai menjadi banyak disukai dan laris manis.

Resep Salmon Mentai

Bahan Bumbu Nasi Resep Salmon Mentai

  • 2 porsi kecil nasi putih
  • 2 sendok makan bubuk nori
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh minyak wijen

Bahan Bumbu Salmon untuk Resep Salmon Mentai

  • 130 gram ikan salmon
  • 2 sendok makan kecap asin, balurkan ke permukaan salmon

Bahan Saos Mentai untuk Resep Salmon Mentai

  • 200 ml mayones original/ Jepang
  • 1 sendok makan mentaiko (bisa diganti tobiko)
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok teh saus sambal
  • Bubuk cabai secukupnya

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Salmon Mentai Kekinian. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Salmon Mentai Kekinian?

Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Salmon Mentai Kekinian:

  • Sendok
  • Pisau
  • Aluminium Foil
  • Blow Torch (bisa juga pakai oven)
  • Teflon (jika tidak ada blow torch)
  • Wadah
  • Mangkuk

Inilah cara untuk membuat resep Salmon Mentai Kekinian:

  1. Pertama-tama, kita buat saus mentai terlebih dahulu untuk resep Salmon Mentai kekinian. Siapkan mangkuk dan masukkan bahan-bahan untuk membuat saos mentai yakni mayones Jepang, mentaiko/tobiko, saos tomat, saos sambal, dan bubuk cabai.
  2. Kedua, aduk dan campurkan seluruh bahan saos mentai tersebut hingga merata semuanya. Setelah itu sisihkan.
  3. Sekarang, kita akan membuat nasi mentai untuk resep Salmon Mentai kekinian. Pertama tentu saja siapkan bahan untuk membumbui nasi.
  4. Kemudian, bumbui nasi dengan bubuk nori, kecap asin, dan minyak wijen. Aduk dan campur semuanya hingga tercampur dengan merata sempurna.
  5. Jika sudah tercampur, maka pindahkan nasi ke dalam kemasan aluminium foil. Jangan lupa untuk meratakan nasi agar sesuai dengan ukuran wadah aluminium foil, lalu sisihkan sejenak.
  6. Setelah mengolah nasi, maka waktunya untuk mengolah ikan salmon sebagai bintang utama dari resep Salmon Mentai. Pertama, pisahkan daging dengan kulit ikan salmon. Kalau ga mau ribet, maka bisa langsung gunakan Salmon versi fillet ya buat bikin resep Salmon Mentai!
  7. Selanjutnya, potong daging salmon dengan ukuran tipis sesuai selera Sweet Couple.
  8. Tuang dan balurkan kecap asin secara merata di daging Salmon, kemudian masukkan salmon ke dalam loyang.
  9. Kemudian, panggang Salmon sejenak menggunakan blow torch hingga permukaannya berubah warna. Kalau gak ada blow torch, bisa dipanggang saja di atas teflon. Jangan sampai kecokelatan apalagi gosong ya!
  10. Setelah dipanggang, susun salmon di atas permukaan nasi yang sudah dibumbui tadi dengan rapi dan cantik.
  11. Berikutnya, tuangkan saos mentai di atas salmon dengan merata sampai seluruh permukaan salmon tertutup seutuhnya.
  12. Nah sekarang waktunya memanggang Saos Mentai! Panggang saus mentai dengan blow torch hingga warnanya berubah dan terlihat kecokelatan. Ingat, jangan sampai gosong ya!
  13. Selesai memanggang, jangan lupa untuk membubuhkan bubuk nori dan parsley di atasnya sebagai hiasan agar Salmon Mentai semakin cantik.
  14. Voila! Selesai sudah deh membuat resep Salmon Mentai yang laris manis ini. Siap untuk mencicipi Salmon Mentai buatan sendiri? ***
Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan