Rizieq Shihab Tetap Divonis 8 Bulan Penjara, MA Tolak Kasasi

ABOUTSEMARANG – Mahkamah Agung (MA) memutuskan menolak kasasi mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dalam kasus kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kerumuman di Petamburan terjadi saat Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Habib Rizeq pada tahun 2020.

“Tolak” putusan amar singkat kasasi di situs web MA, Senin (11/10).

Dalam putusan ini, ketua majelis hakim Suhadi dengan anggota Desnayeti dan Soesilo. Keputusan itu diketuk oleh panitera pengganti Nurjamal.

BACA JUGA: Mantan Mensos Juliari Batubara Divonis 12 Tahun Penjara dan Mengganti Uang Rp 14,59 M, Ini Hal yang Memberatkan

Sebelumnya, hukuman delapan bulan penjara Rizieq Shihab dalam kasus kerumunan Petamburan dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta.

Rizieq Shihab diadili atas tiga dakwaan, yakni kerumuman Petamburan, kerumuman Megamendung Bogor dan penyebaran berita bohong.

Sepulangnya dari Arab Saudi, Rizieq Shihab sempat merencanakan safari dakwah di berbagai tempat.

Hingga akhirnya, Rizieq memicu sejumlah kasus yang sedang diproses secara hukum, yakni kerumuman di Petamburan, kerumuman di Megamendung dan penyebaran berita bohong tentang hasil swab test-nya di RS UMMI, Bogor.

Tim kuasa hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar, awalnya berharap Mahkamah Agung bisa membebaskan kliennya.

Karena pihaknya berpendapat jika putusan putusan atas berkas Rizieq Shihab telah keluar bersama lima mantan pengurus FPI.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan