Rumput di Stadion JIS Tak Sesuai Standar FIFA, Menteri Basuki: Akan Diganti

ABOUTSEMARANG – Jelang penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia, rumput di Jakarta International Stadium (JIS) diketahui tidak memenuhi standar FIFA.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan nantinya rumput di JIS akan diganti semuanya agar dapat digunakan untuk menggelar Piala Dunia U-17 2023.

“Hari ini kami melihat JIS, stadion yang bagus, namun kami evaluasi. Kalau nanti dievaluasi FIFA mudah mudahan sudah bisa dapat memenuhi standar. Di antaranya salah satu yang utama adalah rumput,” kata Basuki, Selasa, 4 Juli 2023.

“Kondisi rumput sekarang menurut evaluasi ahlinya, yang juga mengevaluasi 22 stadion termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games, jelas tidak masuk standar FIFA kalau dengan kondisi sekarang,” lanjutnya.

Menteri Basuki melakukan inspeksi JIS bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

Basuki mengatakan berdasarkan Chairman Karya Rama Prima (KaerPe), Qamal Mustaqim, perusahaan yang mengurus rumput Stadion GBK, rumput di JIS harus diganti semuanya.

“Namun ada solusinya. Kita akan ganti semua rumput tersebut, sesuai dengan ahlinya beliau [Qamal]. Pak Qamal sebagai ahli agronomi untuk rumput di stadion. Menurut beliau, harus diganti, kalau mau tiga bulan bisa dipakai. Itu jangka pendek saja,” ucap Basuki.

“Nanti kalau jangka panjangnya, mungkin harus diubah rumputnya. Jadi itu salah satunya, rumput yang sekarang tidak dapat memenuhi kriteria FIFA sesuai dengan pengalaman beliau. Itu akan diganti dengan rumput yang lain untuk bisa dipakai [Piala Dunia] U-17,” sambung Basuki.

BACA JUGA :   Latihan Bersama, PSIS Semarang Unggul Tipis atas Persip

Lebih lanjut Basuki mengatakan pihaknya akan melakukan sejumlah renovasi terhadap fasilitas di JIS, termasuk akses masuk dan keluar stadion yang saat ini hanya satu pintu. Basuki berharap JIS bisa masuk standar FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

“Insya Allah kalau diperiksa FIFA bisa memenuhi syarat untuk bisa dipakai. Sayang kalau stadion yang sudah begini tidak memenuhi syarat. Sangat disayangkan. Untuk itu kita upayakan supaya ini bisa masuk kriteria standar FIFA,” ucap Basuki.

“Semua keroyokan, jadi kalau nanti diperiksa FIFA bisa insya Allah memenuhi syarat untuk dipakai. Sayang kalau stadion sudah begini, enggak memenuhi syarat. Sangat disayangkan,” ujar Basuki.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan