Rute Rekayasa Lalu Lintas Jembatan Tol Kaligawe, Berlaku Mulai Hari Ini

ABOUTSEMARANG – Jembatan tol Kaligawe, Kota Semarang, Jawa Tengah, bakal ditinggikan sebagai bagian dari rangkaian proyek Tol Semarang-Demak seksi 1 yang menghubungkan Kaligawe-Sayung.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Jalan Tol Semarang – Demak Seksi 1, Benny Christiawan, Rabu (7/6) mengatakan, peninggian jalan dan jembatan tol di ruas jalur Pantura Semarang itu merupakan bagian dari proyek Tol Semarang-Demak.

“Proyek dikerjakan oleh Hutama Karya, diharapkan selesai sebelum akhir 2024,” katanya.

Jalan Tol Semarang-Demak memiliki panjang 27 km yang terbagi dalam dua seksi. Seksi I menghubungkan Kaligawe-Sayung sepanjang 10,69 km yang akan dibangun pemerintah dengan pembiayaan APBN.

Sementara seksi II menghubungkan Sayung-Demak sepanjang 16,31 km yang saat ini sudah selesai dan dioperasikan.

Sementara General Manajer PT Jasamarga Transjawa Tol Kota Semarang, Nasrullah, menambahkan, rekayasa lalu lintas akan dilakukan di sekitar jembatan tol tersebut.

Menurut dia, simulasi rekayasa lalu lintas akan dilaksanakan pada 8 pukul 10.00 WIB hingga 10 Juni 2023.

Nasrullah, menjelaskan skema simulasi rekayasa lalin itu dipersiapkan agar alternatif rute perjalanan masyarakat yang mengakses jalan nasional di sekitar jembatan tol masih tetap dapat dijalankan dengan aman dan juga nyaman.

“Rekayasa lalin ini juga mempertimbangkan akses masuk dan keluar bagi kendaraan roda dua dan roda empat. Dipastikan untuk kendaraan roda dua tidak masuk jalan tol, namun hanya melakukan putar balik di akses yang dibuka di KM 438+625 Jalan Tol Semarang Seksi C yang telah disediakan. Lokasi akses ini masih sekitar 2 KM sebelum gerbang tol (GT) terdekat, yaitu GT Muktiharjo,” ujarnya.

BACA JUGA :   Perpres Pembebasan Tanah Musnah Tol Semarang-Demak Sudah Diketok, Segini UGR yang Disiapkan

PT Jasamarga Transjawa Tol bersama dengan pihak terkait telah menyiapkan mitigasi risiko rekayasa lalin yaitu dengan menyiapkan water barrier dan rubber cone di sepanjang akses putar balik, perambuan, serta menyiapkan petugas Flagman 24 jam.

Simulasi rekayasa lalu lintas jembatan tol Kaligawe./ Instagram/ @jmtransjawa

Berikut simulasi rekayasa lalu lintas di sekitar jalan dan Jembatan Tol Kaligawe

  • Kendaraan Truck/Trailer dari arah Pelabuhan Tanjung Emas menuju Srondol dialihkan melalui jalan arteri menuju Gerbang Tol Krapyak.
  • Kendaraan Truck/Trailer dari arah Srondol atau GT Gayamsari menuju Pelabuhan Tanjung Emas keluar Off Ramp Kaligawe.
  • Kendaraan Golongan I dari arah Pelabuhan Tanjung Emas menuju Srondol putar balik di depan Universitas Islam Sultan Agung kemudian masuk Gerbang Tol Muktiharjo.
  • Kendaraan Golongan I dan roda dua dari arah Demak menuju Pelabuhan Tanjung Emas dapat melalui akses contraflow.
  • Kendaraan Golongan I dari arah Johar menuju Srondol dapat melalui u-turn di depan Masjid Kubro lanjut putar balik di depan Unissula lanjut menuju Gerbang Tol Muktiharjo di Tol Semarang Seksi C.
  • Kendaraan Golongan I dan Roda Dua dari arah Demak menuju Johar dapat melakukan putar balik diakses Tol Semarang Seksi C Km 438+625 C.

PT Jasamarga Transjawa Tol memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud serta rekayasa lalin yang diberlakukan di sekitar lokasi pekerjaan yang berdampak pada perjalanan.

(atn)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan