Saksi Kasus Pembunuhan PNS Pemkot Semarang Berkelit, Kompolnas Minta Rapat dengan LPSK

ABOUTSEMARANG – Kasus Pembunuhan PNS Pemkot Semarang, Paulus Iwan Boedi Prasetjo terus diselidiki.

Kali ini Kompolnas akan melakukan rapat dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Diketahui rapat tersebut dilakukan untuk kepentingan pemeriksaan yang dilakukan kepolisian.

Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto bertemu dengan pihak keluarga Iwan Boedi dan juga pihak Polrestabes Semarang. Benny juga menyempatkan datang ke lokasi penemuan jenazah Iwan di lahan kosong area Marina Semarang.

“Kami setelah ini akan rapat dengan LPSK. Karena kebetulan kan kami ada MoU dengan LPSK sehingga akan kami rapatkan dengan LPSK untuk bagaimana penanganan masalah perlindungan saksi dalam konteks kepentingan pemeriksaan kepolisian,” ujar Benny di Mapolrestabes Semarang, Jumat, 25 November 2022.

Sementara itu, terkait saksi AG alias AG Portal yang mengubah keterangan pada penyidik, Benny menjelaskan akan mencarikan solusi. AG Portal mengubah total keterangannya yang awalnya mengetahui sesuatu menjadi tidak tahu apapun.

“Artinya hal-hal yang kemudian katakanlah ada birokrasi yang harus dilalui, yang dengan sebagainya itu nanti akan dicarikan solusi,” ujar Benny.

Untuk diketahui, AG Portal termasuk salah satu yang dilindungi LPSK dalam kasus ini. Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar sempat mengungkapkan keheranannya karena setelah dilindungi LPSK, keterangan AG Portal berubah.

“Agung Portal selama dalam lindungan LPSK selalu mengatakan tidak, tidak tahu. Artinya begini, dalam perspektif perlindungan, orang yang dilindungi adalah saksi, orang yang melihat, mengetahui peristiwa pidana. Kalau Agung ini tidak tahu, tidak tahu, berarti gugur kualifikasinya sebagai saksi, untuk apa dilindungi?” kata Irwan, Kamis (20/10) lalu.

BACA JUGA :   4 Korban Dukun Pengganda Uang Mbah Slamet Sudah Teridentifikasi, Berikut Identitasnya

“Iya, kunci (AG Portal saksi kunci),” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Iwan Boedi hilang 24 Agustus 2022 sehari sebelum dimintai keterangan Polda Jateng soal kasus dugaan korupsi. Iwan ternyata ditemukan meninggal di kawasan Marina Semarang dengan kondisi hangus terbakar pada 8 September 2022. Pomdam IV/Diponegoro juga turun tangan dalam kasus ini karena sempat disebutkan ada dugaan oknum anggota yang terlibat.

Kompolnas hadir hari ini untuk membahas kasus kematian Iwan Boedi melakukan supervisi. Kasus ini menjadi atensi karena surat pihak keluarga terkait harapan kasus segera terungkap juga sampai di Kemenko Polhukam.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan