Sambut Ramadhan, Pawai Dugderan Semarang Berlangsung Meriah

ABOUTSEMARANG – Pawai Dugderan Semarang yang menjadi pucak acara dari tradisi masyarakat Kota Semarang dalam menyambut datangnya bulan Ramdhan 1444 Hijriah telah berlangsung meriah.

Kemeriahan Pawai Dugderan Semarang nampak dari tumpah ruahnya masyarakat yang datang menyaksikan di sepanjang rute rombongan karnaval.

Adapun masyarakat terlihat memadati sepanjang rute pawai, mulai dari Balai Kota Semarang, Jalan Pemuda Semarang, hingga Masjid Agung Semarang atau dikenal juga dengan nama Masjid Kauman Semarang.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama suami, Alwin Basri yang juga anggota DPRD Jawa Tengah, dan jajaran kepala dinas beserta muspida diarak menggunakan bendi.

Ada hal berbeda dalam penyelenggaraan dugderan kali ini. Pada tahun-tahun sebelumnya, Wali Kota Semarang berperan sebagai Kanjeng Raden Mas Arya Purbaningrat, yakni bupati Semarang yang pertama menggelar dugderan.

Namun, kali ini sang wali kota adalah perempuan sehingga menyesuaikan peran sebagai Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Purbodiningrum. Ita, sapaan akrab Hevearita itupula yang pertama memerankannya.

Ita mengaku sangat bersyukur karena tradisi tahunan masyarakat Kota Semarang itu bisa digelar kembali dengan semarak dan meriah, setelah sebelumnya terkendala pandemi COVID-19.

“Alhamdulillah, dugderan sudah bisa penuh dilakukan sesuai dengan tradisi yang tahun-tahun lalu sebelum COVID-19,” katanya, Selasa, 21 Maret 2023.

Ia mengatakan seluruh kegiatan ibadah saat ini juga sudah bisa dilaksanakan dengan sepenuhnya tanpa pembatasan, seperti sebelum pandemi Corona.

“Semua kegiatan bisa sepenuhnya dijalani. Ibadah sudah 100 persen. Alhamdulillah sudah bisa diadakan di masjid, mushola, langgar,” katanya.

Meski demikian, ia mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan dan memakai masker.

BACA JUGA :   Polres Semarang Tangkap Jaringan Penadah Curanmor

Rombongan menuju ke Alun-Alun Semarang yang bersebelahan dengan Masjid Agung Semarang, kemudian meneruskan kirab ke Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang juga dipenuhi masyarakat.

Rangkaian pawai dugderan 2023 telah dimulai pada Senin, 20 Maret 2023 dengan karnaval yang diikuti pelajar SD dan SMP di Kota Semarang, dilanjutkan puncaknya pada Selasa ini.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan