Satlantas Polres Brebes Gandeng Forum Lalu Lintas Datangi Sekolah-sekolah

ABOUTSEMARANG – Jajaran Satlantas Polres Brebes, Jawa Tengah menggandeng Forum Lalu Lintas dalam melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas dikalangan pelajar.

Adapun sosialisasi tersebut dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Brebes.

Untuk diketahui, Forum Lalu Lintas sendiri terdiri dari mulai Satlantas Polres Brebes, Jasa Raharja, Dishub hingga Samsat Brebes.

Sementara untuk sosialisasi pada Rabu pagi, 30 Agustus 2023 digelar di SMK Negeri 1 Brebes.

Dalam sosialisasi tersebut, puluhan pelajar SMK diberi pemahaman tentang tata tertib dalam berlalu lintas dan taat pembayaran pajak kendaraan.

Sosialisasi yang dikemas dalam Kasat Lantas Mengajar ini dilakukan dalam upaya untuk menekan angka kecelakaan yang melibatkan para pelajar.

Waka Kesiswaan SMKN 1 Brebes, Zaini Miftah mengatakan, pihaknya menyambut baik kelas sosialisasi tersebut. Puluhan siswa dan dewan guru antusias menyimak materi tentang tata tertib berlalu lintas.

Zaini menjelaskan, dengan kerjasama antara sekolah dengan Forum Lalu Lintas, diharapkan siswa bisa meningkatkan pemahaman dalam berlalu lintas.

Sebab, sebagian besar siswanya telah menggunakan kendaraan bermotor.

“Mereka juga tidak tahu bagaimana cara pembuatan SIM. Memang perlu ada pembelajaran yang seperti ini, karena untuk pembelajaran di sekolah sendiri kita tidak ada materi yang seperti itu,” kata Zaini Miftah dilansir dari Arah Pantura.

Ia menambahkan, sampai beberapa tahun ini SMK Negeri 1 Brebes bersih dari keterlibatan para siswa terhadap maraknya aksi geng motor ataupun tindakan premanisme.

Pihaknya melakukan berbagai antisipasi dengan selalu berkomunikasi dengan para orang tua siswa, serta para siswa sendiri.

Bahkan, untuk akhir pekan di hati Sabtu, siswa disibukkan dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler sekolah.

BACA JUGA :   Administrasi Kearsipan Belum Optimal, Instansi Pemerintah di Brebes Diminta Lakukan Penataan

“Alhamdulillah siswa disini tidak pernah terlibat geng motor dan jangan sampai. Salah satu pencegahan yakni tambahan kegiatan sekolah secara rutin. Bahkan hari Sabtu yang harusnya libur anak-anak tetap latihan kegiatan itu juga membuat mereka itu sibuk dengan kegiatan di sekolah, sehingga bisa menekan kegiatan-kegiatan negatif,” jelas Zaini.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Edi Sukamto mengatakan, dari masing-masing Forum Lalu Lintas, memberikan pemahaman tetang pentingnya tata tertib berlalu lintas.

Bukan hanya siswa, para guru juga mengikuti kelas ini agar mereka bisa memberikan pemahaman kepada siswanya.

“Perlu kita ingat, kecelakaan lalu lintas pasti diawali dari pelanggaran lalu lintas. Makanya dari usia dini harus dibekali budaya tertib lalu lintas karena budaya tertib ini bisa menyelamatkan anak bangsa sebagai investasi masa depan kita,” pungkas Kasat Lantas AKP Edi Sukamto.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan