Satreskrim Polrestabes Semarang Tangkap 3 Komplotan Penipu dengan Modus Pinjam Uang dan Jual Berlian Palsu

ABOUTSEMARANG – Satreskrim Polrestabes Semarang berhasil menangkap tiga komplotan pelaku penipuan dengan modus pinjam uang dan jual berlian palsu.

Tiga pelaku yakni Bagas Igo Saputra (26), warga Jombang Jawa Timur, Purwanto (61), warga Kediri, Jawa Timur, dan Zaidun (49), warga Sayung, Demak. Ketiganya merupakan komplotan pelaku penipuan dengan modus jual beli berlian dengan sasaran penumpang bus di kawasan Terminal Terboyo, Genuk, Kota Semarang.

Salah seorang pelaku Bagas, berperan sebagai seorang warga Malaysia menawarkan berlian dengan logat melayu kepada dua pelaku lain.

“Saya berpura-pura tanya transportasi. Kemudian saya pura-pura kehabisan uang dan tawarkan jual berlian kepada Purwanto dan Zaidun,” ujar Bagas.

Kemudian, pelaku Purwanto yang berpura-pura agen travel menyanggupi membeli berlian seharga Rp60 juta. “Saya iyakan bayar berlian 60 juta. Kemudian, saya pura-pura pinjam uang ke Zaidun. Karena masih kurang kemudian, dengan iming-iming akan mengembalikan uang dua kali lipat, Saya meminta ke korban dengan total empat juta rupiah,” kata Purwanto.

Sementara itu, dari hasil penyidikan, komplotan pelaku ini sudah beraksi 12 kali di Kota Semarang, dengan modus serupa.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar mengatakan, komplotan ini tidak hanya beraksi di musim liburan saja melainkan rutin.

“Jadi korban ini perjalanan dari Semarang menuju ke Cilacap. Sampai di Semarang, kemudian korban ke agen travel. Kemudian, pelaku ini menawarkan transportasi kepada korban. Dalam perjalanan, para pelaku ini seolah olah jual beli berlian. Dari percakapan itulah, korban tertarik dan menyerahkan uang tunai Rp1,5 juta dan cincin emas senilai Rp2,5 juta,” terang Kapolrestabes Semarang.

BACA JUGA :   Video Petugas SPBU di Semarang Dipukul Pelanggannya Viral di Media Sosial, Ini Pemicunya

Usai menyerahkan uang tunai dan cincin miliknya, korban, Marpuah (55), warga Pandeglang, diturunkan di tengah perjalanan dengan alasan pelaku akan membeli tiket pesawat. Hingga akhirnya pelaku tidak dapat dihubungi lagi korban pun melapor ke kepolisian.

Dari laporan tersebut, Tim Unit Reskrim Polsek Genuk langsung melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus tiga pelaku di sebuah hotel di daerah Ambarawa.

Kapolrestabes Semarang mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap orang asing. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan