Sehat dan Segar! Resep Yu Sheng Hidangan Filosofis Khas Imlek

ABOUTSEMARANG – Yu Sheng merupakan salah satu makanan khas Tionghoa. Yu Sheng atau salad Asia merupakan salah makanan yang cocok untuk dibuat saat Tahun Baru Imlek 2022.

Dalam budaya Tionghoa, yu sheng dilambangkan sebagai simbol kemakmuran. Walau lekat dengan budaya Tionghoa, yu sheng berasal dari Singapura dan juga cukup populer juga di Malaysia.

Hal ini karena ‘ikan’ dan ‘berkelebihan’ sama-sama dibaca ‘yu’. Meskipun kata ‘yu sheng’ berarti ikan mentah, tetapi jika dilafalkan terdengar mirip dengan ‘yu sheng’ yang berarti meningkatnya kelimpahan.

Karena maknanya yang filosofis, semua yang menyantap yu sheng harus mengucapkan doa-doa yang berhubungan dengan berkat tahun baru. Misalnya, mengucapkan “tian tian mi mi” ketika menuangkan saus buah prem. Frasa tersebut sebagai doa agar hidup dipermanis dan hubungan bertahan lama.

Baca Juga : 6 Makanan Khas Imlek Beserta Maknanya, Panjang Umur dan Rejeki Melimpah

Bagian ‘seru’ dari memakan yu sheng adalah mengaduk semua bahan-bahan itu tujuh kali sambil mengangkatnya tinggi-tinggi. Dipercaya bahwa semakin tinggi, maka semakin banyak rezeki yang akan datang.

Yu Sheng terbuat dari sayuran, buah-buahan serta ikan atau sering juga disebut sebagai salad Asia. Oleh karena itu, Yu Sheng memiliki cita rasa enak dan segar cocok untuk lidah orang Asia. Selain itu, Yu Sheng ini mempunyai tekstur warna-warni yang menggugah selera dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Selain berbahan dasar sayuran dan buah-buahan, Yu Sheng ini juga menggunakan bahan ikan mentah salah satunya contohnya ikan salmon yang sebelumnya sudah direndam minyak dalam campuran minyak goreng, minyak wijen, dan merica. Setelahnya, dibumbui dengan air jeruk dan merica. Bagi mereka yang tidak bisa makan ikan mentah, ikan kukus bisa menjadi alternatif. Jika anda kurang menyukai ikan mentah bisa diganti menggunakan tahu, ayam rebus suir dan lain-lain.

BACA JUGA :   Lebaran di Kota Semarang? Yuk Cicipi Makanan dan Minuman Enak yang Cocok untuk Kulineran

Berikut ini resep Yu Sheng yang bisa kalian coba.

Porsi : 7-8 porsi

Bahan cured salmon:

– 250 gr salmon
– 1 sdm garam
– 2 sdm gula

Bahan:

– 1 buah lobak ukuran sedang
– 1 buah wortel
– 1 buah timun kyuri
– 1 buah ubi ungu ukuran sedang
– 2 batang daun bawang
– 1 buah paprika merah
– 100 gr mangga muda
– 2 pcs jeruk bali
– 5 lembar kulit pangsit
– 30 gr kacang mede panggang, cincang

Bahan asian dressing:

– 4 sdm plum sauce / sambal bangkok
– 2,5 sdm minyak wijen
– 4-5 sdm cuka beras
– 4,5 sdt gula pasir
– 1,5 sdt air jahe
– 1,5 sdm air bawang putih
– 1/3 sdt garam
– 1/3 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat:

  1. Pisahkan kulit salmon, taburkan garam dan gula pasir di seluruh permukaan salmon, tutup dengan plastic wrap diamkan di kulkas selama 1-2 jam.
  2. Bilas salmon dengan air, keringkan dengan tisu kemudian iris tips.
  3. Potong dan iris tipis sayuran mulai dari lobak, wortel, timun, paprika merah, dan daun bawang lalu rendam dengan air es.
  4. Iris tipis mangga muda, ubi ungu, dan kulit pangsit.
  5. Panaskan sedikit minyak tumis ubi ungu hingga matang dan mengkilap.
  6. Panaskan minyak, goreng pangsit di api sedang hingga sedikit kecokelatan, tiriskan.
  7. Dressing. Campurkan plum sauce, cuka beras, minyak wijen, gula pasir, air jahe, air bawang putih, garam, dan kaldu bubuk, aduk rata.
  8. Susun sayuran di atas piring, masukkan dressing lalu aduk.
  9. Yu sheng siap disajikan.

Nah Itulah resep Yu Sheng yang bisa kalian coba. Jangan lupa mengucapkan “Lo Hei!” yang berarti “angkat bersama!” sebagai doa untuk sukses bersama ya!

BACA JUGA :   Wajah Lagi Jerawatan? Tenang, Atasi Dengan 5 Makanan Sehat Ini

(atn)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan