Sekda Kota Semarang Ingatkan Jajaran Pemkot Semarang Harus Siap Hadapi Cuaca Buruk

ABOUTSEMARANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin memerintahkan kepada jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang untuk bersiap-siap menghadapi cuaca buruk.

Bulan Desember hingga Januari memang diprediksi curah hujan dan cuaca ekstrim akan terjadi di Jawa Tengah khususnya Kota Semarang. Data dari BMKG menyebut pada 23 Desember akan terjadi cuaca buruk di Kota Semarang.

Ia meminta dinas teknis seperti Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Disperkim untuk bersiap dan berjaga-jaga untuk menghadapi cuaca buruk.

“Data dari BMKG cauaca ekstrem akan terjadi pada 23 Desember, kondisi itu akan terjadi sepekan,” kata Iswar, Kamis (22/12).

Iswar menyebut prediksi hujan lebat disertai petir akan melanda Kota Semarang pada esok hari. Kondisi tersebut diperkirakan akan terjadi pada pukul 13.00 hingga 16.00. Sedangkan pada tanggal 25 Desember atau tepat pada Hari Raya Natal, akan ada potensi angin kencang yang melanda Kota Semarang. Hal tersebut yang membuat Iswar meminta jajaran Pemkot untuk melakukan antisipasi sebelum terjadi bencana.

“Lurah hingga camat kami minta siaga dan memantau kondisi sekitar, jika terjadi bencana segera melapor dan bergerak bersama,” ungkapnya.

Adanya cuaca buruk ini akan mempengaruhi tingkat kelembaban di Kota Semarang yang bisa mencapai 90 persen. Kelembaban tinggi ini diprediksi akan terjadi mulai 23 Desember hingga penghujung tahun.

Tingginya kelembaban ini, lanjut Iswar, membuat penularan virus lebih cepat, adanya pohon tumbang hingga kerusakan jalan.

“Jadi DPU, Disperkim harus bersiap untuk mengantisipasi bencana hingga kerusakan jalan. Sementara Dinkes wajib mewaspadai penularan Covid-19 di tengah kelembaban suhu saat terjadi cauaca buruk,” pungkasnya. (***)

Sharing:

BACA JUGA :   Diluncurkan Februari, Pemkot Semarang Harap Aplikasi Srikandi Bisa Pangkas APBD Kearsipan

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan