Berlabuh di Tanjung Emas Semarang, KRI Dewaruci Dibuka Untuk Umum

ABOUTSEMARANG – Kapal latih milik TNI Angkatan Laut yaitu KRI Dewaruci berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang.

Selama KRI Dewaruci berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas, warga yang berkunjung diizinkan masuk ke dalam kapal.

Selama Festival Dermaga yang berlangsung di Pelabuhan Tanjung Emas dari 21 hingga 23 Maret 2023, warga bisa masuk ke dalam kapal layar milik TNI Angkatan Laut yang dibuat tahun 1953 itu dalam gelaran bertajuk “Dewaruci Menyapa Warga”.

“Bisa naik langsung ke atas kapal,” kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Semarang Kolonel Mar. Hariyono Masturi di Semarang, Rabu, 22 Maret 2023.

Sementara itu, Hariyono juga mengatakan bahwa warga dapat melihat-lihat bagian kapal dan menyaksikan keseharian taruna TNI Angkatan Laut yang berada di kapal latih.

Ia mengatakan bahwa selama dua hari pertama Festival Dermaga ada ribuan orang, termasuk pelajar dan mahasiswa, yang menghadiri festival.

“Dari jumlah pendaftar yang sebelumnya sudah menyampaikan rencana kedatangannya, ternyata jumlah pengunjung sudah melebihi karena bertepatan dengan hari libur Nyepi,” katanya.

Selain KRI Dewaruci, ada beberapa kapal TNI lain yang menyemarakkan Festival Dermaga, termasuk di antaranya KRI Makassar.

Hariyono mengatakan bahwa warga bisa mengakses layanan vaksinasi COVID-19 maupun donor darah di KRI Makassar, yang selama festival bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas.***

Foto udara KRI Dewaruci (kanan) dan KRI Makassar 590 (kiri) bersandar saat Festival Dermaga KRI Dewaruci Menyapa Warga di dermaga Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (22/3/2023). Festival yang digelar Pangkalan TNI AL (Lanal) Semarang tersebut diselenggarakan secara gratis untuk warga sebagai sarana edukasi dunia bahari melalui kapal perang sekaligus mengenalkan kapal latih legendaris KRI Dewaruci buatan tahun 1952 dan diluncurkan pada tahun 1953. ANTARA FOTO/Aji Styawan/tom.

Sharing:

BACA JUGA :   Wali Kota Semarang Apresiasi Program “Dandan Omah”, Renovasi Rumah Kurang Layak

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan