Semarang 10K Digelar, Ita Ungkap Event Lomba Lari Ini Turut Berperan Tingkatkan Perekonomian

ABOUTSEMARANG – Lomba lari Semarang 10K yang telah selesai digelar pada hari ini, Minggu, 18 Desember 2022 dinilai membawa dampak positif di berbagai sektor perekonomian Kota Semarang.

Event yang diketahui diikuti oleh 2.100 peserta itu tak hanya semata-mata sebagai ajang lomba lari. Melainkan para peserta yang mengikuti ajang lomba lari ini bisa turut berwisata, membeli berbagai kuliner khas dan oleh-oleh dari Kota Lumpia ini.

Tak hanya itu, dari segi promosi, Plt Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu juga mengungkapkan bahwa dengan adanya ajang ini maka turut mempromosikan Semarang ke tingkat nasional dengan adanya pemberitaan di beberapa media.

“Tentu dampaknya sangat banyak. Yang utama, beberapa waktu sebelumnya, kan, harian Kompas terus-menerus memopulerkan Semarang karena promosi lomba ini, kan, terus-menerus,” kata Ita sapaan akrabnya dalam konferensi pers di setelah lomba lari Semarang 10K di Semarang, Minggu, 18 Desember 2022.

Sementara itu, beberapa peserta yang mengikuti event lomba Semarang 10K juga tidak hanya berasal dari wilayah Semarang. Sehingga hal tersebut turut membantu peningkatan okupansi atau tingkat keterisian hotel di Semarang.

Ita juga mengungkapkan, dengan event Semarang 10K rumah makan dan tempat penjualan oleh-oleh juga turut mendapat berkah dari penyelenggaraan lomba tersebut.

”Hotel-hotel, tempat makan, tempat oleh-oleh, penuh. Jadi ada multiplier effect (efek pengganda) perekonomian di Kota Semarang ini meningkat,” ungkapnya.

Ita juga memperkirakan untuk para peserta yang berasal dari luar Semarang mungkin akan berada di Kota Lumpia itu lebih lama untuk berwisata, mencicipi kuliner khas, dan membeli oleh-oleh sebelum kembali ke kota asalnya.

BACA JUGA :   Warga Rasakan Cuaca Panas di Kota Semarang, BMKG Ungkap Penyebabnya

”Mungkin setelah ini mereka kulineran dan bisa saja di sini sampai Senin, 19 Desember 2022 atau seterusnya karena anak-anak sudah libur sekolah,” ujarnya.

Terkait lomba lari yang digelar hari Minggu, Ita menambahkan, para peserta yang berasal dari luar kota telah hadir di Semarang bahkan beberapa hari sebelum event tersebut dilaksanakan yaitu pada Jumat dan Sabtu, 16 dan 17 Desember 2022.

Hal tersebut lantaran para peserta harus mengambil race pack atau perlengkapan lomba Semarang 10K di hari itu.

Sementara itu, event lomba lari sejauh 10 kilometer itu juga menurut Ita diluar ekspektasi lantaran peserta yang mengikuti ajang tersebut melebihi target awal.

”Tentu kami berharap event ini di tahun depan bisa semakin ramai. Kalau tahun ini, ditarget hanya 2.000 peserta, moga-moga di tahun depan bisa 5.000 peserta,” katanya.

Sebagai informasi, ajang lomba lari marathon Semarang 10K Powered by Isoplus telah resmi digelar para hari ini, Minggu, 18 Desember 2022.

Adapun flag off lomba lari tersebut dimulai pada pukul 05.30 WIB. Untuk rutenya dimulai dari Balaikota Semarang, Kawasan Kota Lama, hingga Lawang Sewu.

Sementara ajang lomba lari yang berjarak tempuh 10 kilometer itu menghadirkan empat kategori lomba, di antaranya ada 10K Nasional (putra/putri), 10K Master (putra/putri), 10K Pelajar (putra/putri) dan Kid Dash (putra/putri).

Hadiah yang diberikan kepada pemenang lomba ajang lari itu pun juga tak main-main. Diketahui total hadiah yang diberikan kepada para pemenang mencapai Rp 286 juta.***

Joshua Gunawan, Marketing Manager Beverages PT Sayap Mas Utama (kiri), Hevearita G. Rahayu, Plt Wali Kota Semarang (tengah), dan Lexy Rohi, Race Director Semarang 10K Powered by ISOPLUS (kanan) saat sesi konferensi pers di Balaikota Semarang, Minggu, 10 Desember 2022. About Semarang/dok.

Lomba lari Semarang 10K Powered by Isoplus, Minggu, 18 Desember 2022. About Semarang/Dok. Istimewa

Lomba lari Semarang 10K Powered by Isoplus, Minggu, 18 Desember 2022. About Semarang/Dok. Istimewa

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan